Meningkatkan Minat Belajar Anak Sekolah Dasar dalam Situasi Pandemi

Kampus Kita Tanpa Kategory

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Masalah pada pandemi covid-19 ini sangat lh menghawatirkan apa lagi dibidang pendidikan, dimana pendidikan dilakukan dengan sistem daring/online.

Apalagi kegiatan pendidikan sekolah dasar atau sering disebut dengan SD juga menggunakan daring/online diamana kita cukup tahu bahwa anak sekolah dasar di dalam pembelajaran sangatlah sulit, jadi kita guru harus memahami agar murid dapat belajar dengan baik.Walaupun di situasi pandemi seperti sekarang,guru harus bisa meningkatkan minat belajar siswa dengan memberikan materi pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan jika seorang guru tidak bisa memberikan pembelajaran dengan baik maka siswa SD tersebut akan malas memahami
materi yang diberikan.

Disini juga bukan hanya peranan guru di dalam meningkatkan minatbelajar anak SD tetapi peranan orang tua juga memberikan pengaruh yang besar dan penting didalam pembelajaran daring/online di situasi pandemi sekarang.Yang harus guru lakukan didalam meningkatkan minat belajar anak sekolah dasar yaitu:

  1. Memberikan motivasi kepada peserta didik untuk selalu semangat dalam belajar walaupun
    dalam situasi sekarang ini.
  2. Memberikan tugas atau pembelajaran yang tidak memberatkan siswa.
  3. Memberikan mata pelajaran yang menarik agar siswa tidak mudah bosan.
  4. Melakukan pembelajaran dengan menggunakan googlemeet atau zoom dalam pembelajaran. Seorang guru juga harus bisa memberikan arahan yang baik agar bisa memberikan pembelajaran dengan baik dan juga murid yang kita ajar semakin bersemangat. Guru juga bisa meminta bantuan kepada orang tua murid agar bisa selalu diawasi pada saat

pembelajaran yang sedang dilaksanakan. Pada saat pandemi sekarang seseorang guru mengalami kesulitan dalam belajar mengajar karena anak SD memiliki tingkat bermain yang tinggi jadi seorang guru harus bisa memberikan arahan-arahan yang bisa diberikan dengan materi yang menarik dan bisa membuat peserta didik merasa nyaman saat pembelajaran dimulai.

(Penulis: Paula Purbasari Putri Nim: 2019015059 PGSD Universitas
SarjanawiyataTamansiswa Yogyakarta)