Pemberian Kuota Gratis Sangat Bermanfaat Bagi Guru dan Pelajar

Bogor Now Kampus Kita Tanpa Kategory

Oleh : Haqqi al Hasny,NIM : 2019015018,Status : Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. )

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim memberikan subsidi kuota gratis untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) mulai dari bulan September.

Tujuan dari pemberian kouta gratis ini untuk meringankan beban biaya pembelian kouta belajar online pada masa pandemi Covid-19.

Karena pada bulan sebelumnya pelajar dan guru mengeluhkan pengeluaran yang banyak untuk biaya pembelian kouta.

Pemberian subsidi kouta gratis sangat bervariasi mulai dari 20 gigabyte untuk siswa PAUD, 35 gigabyte untuk siswa pendidikan dasar dan menengah, 42 gigabyte untuk guru, hingga 50 gygabite untuk dosen dan mahasiswa.

Terdapat pembagian dalam kuota tersebut yaitu 5 gygabite dari keseluruhan kuota bantuan adalah kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses semua laman dan aplikasi, kemudian sisanya hanya bisa digunakan untuk kuota belajar atau hanya bisa digunakan untuk
mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.

Aplikasi pembelajaran tersebut yaitu aplikasi Whatshapp, Google Classroom, Edmodo, Zenius, Ruang Guru, Quipper, Zoom, Google Meet dan aplikasi pembelajaran lainnya.

Kuota tersebut dapat diterima atau didapatkan dengan mendaftarkan nomor telepon aktif ke sekolah masing-masing.

Kemudian nantinya operator sekolah akan memasukkan data nomor tersebut ke Sistem Data Pokok Pendidikan (DAPODIK), untuk jenjang PAUD data nomor akan dimasukan ke Dikdasmen, dan untuk jenjang pendidikan tinggi pengelola PD Dikti di tiap perguruan tinggi akan menginput nomor
ponsel mahasiswa dan dosen ke PD Dikti.

Setelah nomor-nomor tersebut didaftarkan dan telah terdaftar ke Sistem Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) maka bantuan kuota gratis tersebut akan disalurkan.

Setiap siswa, guru dan dosen yang nomornya telah terdaftar akan mendapatkanSMS dari pihak operator.

SMS tersebut berisi pemberitahuan bahwasanya nomor telah terdaftar sebagai penerima subsidi kuota gratis.

Selanjutnya pada kemudian hari akan mendapatkan SMS lagi yang berisikan besaran jumlah kuota yang diterima dan waktu atau masa aktif dari kuota tersebut.

Besaran kuota yang diterima juga dapat dicek melalui aplikasi Bima+ untuk pelanggan operator Tri,aplikasi MyXL untuk pelanggan operator XL dan aplikasi AxisNet untuk pelanggan operator Axis.

Jumlah seluruh penerima subsidi kouta data internet Kemendikbud sebanyak 50,7 juta peserta didik dan 3,4 juta pendidik, serta sebanyak 5,1 juta mahasiswa dan 257.217 dosen.

Dengan seluruh jumlah penerima bantuan ini diharapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi lebih efektif dan kuota yang didapatkan dapat
dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk proses pembelajaran selama pandemi Covid-19.