Peran Serta Sertu Isdiyanto Pada Rapat STBM UPT Puskesmas Setabelan

Tanpa Kategory

KORANBOGOR.com, SURAKARTA,- Babinsa Ketelan Koramil 02/Banjarsari Kodim 0735 Surakarta Sertu Isdianto dan Serda Mulyanto menghadiri Rapat STBM ‘Sanitasi Total Berbasis Masyarakat’ UPT Puskesmas Setabelan TA 2020 di Pendopo Kelurahan Jln Gajah Mada 108 Ketelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Selasa.

Sertu Isdiyanto mengatakan kegiatan rapat tersebut dibahas tentang 5 Pilar STBM yakni tidak buang air besar sembarangan, mencuci tangan pakai sabun, mengelola air minum(pam- rt) dan makanan dengan cara yang aman, mengelola sampah dengan benar, serta mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.

Lebih lanjut Sertu Isdiyanto menambahkan STBM yang dicanangkan pemerintah pada Agustus 2008 lalu dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia no: 852/ Menkes/ SK/IX/ 2008.

Program STBM katanya menerapkan pemberdayaan masyarakat dengan kombinasi metode pemicuan dan promosi yang bertujuan untuk memperkuat budaya perilaku hidup bersih dan sehat dan mencegah penyakit berbasis lingkungan.

Rapat STBM sendiri dipimpin Tiwuk Srirejeki selaku Lurah Ketelan.

Pada sambutannya Lurah Tiwuk berterimakasih petugas yang membantu pihak puskesmas dalam usaha STBM dan pencegahan penyebaran Covid19.

“Hal ini dapat terwujud dikarenakan juga partisipasi dari warga masyarakat yang telah mematuhi protokol kesehatan, seperti wajib memakai masker saat beraktivitas keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, menghindari kerumunan, serta makan makanan yang bergizi guna mencegah penyebaran Covid-19,”pungkasnya.

Hadir dalam rapat tersebut Eni Wahyuni SKM Wakil Kepala UPT Puskesmas Setabelan, Aiptu Dwi Agus Babinkamtibmas Ketelan, serta perwakilan warga.****

Penyaji :Arda 72