Banyan Tree Bintan,Sensasi Menginap Di Villa Diatas Laut

Wisata

KORANBOGOR.com,BINTAN-Menghabiskan waktu liburan di sebuah villa tentulah sangat menyenangkan. Selain memberikan ruang yang lebih privasi bersama keluarga, teman atau sahabat.

Juga seperti berada di rumah sendiri.Suasana itu akan lebih terasa menyenangkan dengan mencoba menginap di Kelong Villa di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Villa ini diluncurkan oleh Banyan Tree Bintan beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 15 Juli 2019.

Banyan Tree Bintan adalah hotel bintang 5 dan salah satu resor Banyan Tree di pantai barat laut Bintan, yang berada di kawasan Pariwisata Lagoi. Hotel ini didesain dengan tradisional Kepulauan Riau dan pantai tropis.

Biasanya villa berada di pegunungan atau di tepian sungai. Berbeda dengan Kelong Villa. Untuk penginapan tersebut letaknya berada di tengah laut yang memiliki pemandangan menghadap laut Cina Selatan.

Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan, Wan Rudy Iskandar mengatakan Kelong Villa merupakan villa terapung mewah pertama di Bintan.

“Kelong Villa ini punya daya tarik tersendiri dan berbeda dari yang lainnya. Terletak sekitar 250 meter dari resor Laguna Bintan. Untuk para tamu yang berkunjung dapat mengakses ke Kelong Villa dengan menaiki pokchai (perahu kayu bermotor) lebih kurang selama dua menit.” jelasnya.

Penamaan “Kelong” berasal dari perangkap ikan bernama kelong yang terbuat dari bilah bambu yang dijalin dengan ijuk atau rotan. Kelong Villa merupakan vila terapung yang didesain untuk menciptakan pengalaman tinggal yang menenangkan sekaligus mengedepankan etos konsep sustainabilitas.

“Tujuannya untuk mengeksplor elemen lokalitas Indonesia melalui kekayaan alamnya. Serta lebih mengenal masyarakat sekitar,” ucap Wan Rudy.

Saat tiba dan keluar dari Kelong Villa, tamu akan disambut dengan seremonial kedatangan dan perpisahan.

Interior yang digunakan memiliki kesan yang luas dengan menonjolkan suasana hangat dari material kayu lokal, furnitur bernuansa tradisional, serta view lapang menghadap ke laut. Untuk semakin menguatkan suasana berpadu dengan alam, di dalam kamar mandi dibuat bilik shower modern pada sudut vila dengan konsep terbuka.

Uniknya di sana pengunjung benar-benar liburan dan tidak menggunakan produk digital atau disebut dengan ‘digital detox. Semuanya bisa menghabiskan waktu dengan bermain boardgames, membaca buku, memancing dan bermain kayak dengan nelayan setempat.

Para tamu juga dapat berpartisipasi dalam tradisi lokal, menyebarkan kelopak bunga di laut sambil mengungkapkan keinginan dan refleksi pengalaman.

“Di sana dapat melakukan aktivitas menyelam, berkayak, atau snorkeling di perairan biru langit sepuasnya dengan laut sebagai halaman. juga dapat menicicipi masakan lokal yang lezat dan keramah tamahan masyarakat tempatan,” ucap Wan Rudy.

Jika ingin menyantap makanan, menu sudah tersedia di dalam vila. Lalu, dikirimkan langsung melalui pokchai oleh Banyan yang akan memenuhi setiap kebutuhan mereka yang tinggal di Kelong Villa.

Untuk menginap di Kelong Villa , pengunjung harus menyiapkan budget sekitar SGD 840/ USD 610 atau kira-kira Rp 8 jutaan. Letaknya juga hanya 1 jam dari Singapura.