Desa Wisata Puton “Watu Ngelak”

Wisata

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA–Bantul tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya. Banyak destinasi wisata yang lain yang dapat kamu kunjungi salah satunya Desa Wisata Puton Watu Ngelak.

Berada di Dusun Puton, Trimulyo, Jetis, Bantul, Yogyakarta. Untuk sampai disana dari pusat kota Yogyakarta kamu bisa menempuh waktu perjalanan kurang lebih satu jam.

Watu dalam bahasa Indonesia berarti batu dan ngelak yang berarti haus. Watu Ngelak adalah sebuah batu besar yang terletak di pinggir sungai Opak.

Warga sekitar mempercayai bahwa Watu Ngelak mempunyai nilai sejarah yang turun-temurun.

Memiliki nama Watu Ngelak berawal dari sejarah Sultan Agung ketika berkelana dari keraton Plered menuju laut kidul. Sultan Agung menyusuri kali Opak menuju laut kidul namun,ditengah perjalanan Sultan Agung merasa haus dan memilih untuk berhenti disebuah batu besar yang ada dipinggir sungai. 

Terlihat ada seorang anak sedang mencari ikan dan memberi minum air kelapa kepada Sultan Agung.

Sehingga Sultan Agung memberi nama batu itu Watu Ngelak. Sultan Agung juga memberi nama dusun sekitaran itu dengan nama Puton. 

Puton yang merupakan asal kata “putu” yang berarti cucu, karena anak kecil yang memberi minum Sultan Agung merupakan cucu dari janda yang ada di dusun Dadapan, sebuah desa disekitaran Puton. 

Desa wisata Puton Watu Ngelak juga diperhatikan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Dinas Kebudayaan dan Priwisata Bantul.

Di Desa Wisata ini juga menyediakan bumi perkemahan dan wisata susur sungai Opak dengan kapal motor.

Saat kamu berkunjung kesana kamu bisa menikmati suasana pedesaan yang masih asri.

(Penulis: Amin Tsani Rahmah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)