Destinasi Wisata Umbul di Kota Klaten

Wisata

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Klaten merupakan sebuah kota yang termasuk salah satu dari wilayah provinsi Jawa Tengah,Kota Klaten terletak antara Yogyakarta dan Surakarta, Klaten terkenal dengan berbagai macam destinasi wisatanya, salah satu destinasi wisata yang ada di Klaten adalah umbul.

Umbul adalah mata air yang mengalir atau biasa disebut dengan sember air. Di Kabupaten Klaten terdapat berbagai destinasi wisata umbul antara lain Umbul Brondong, Umbul Sigedang, Umbul Manten, Umbul Cokro, Umbul Ingas, Umbul Pluneng, Umbul Susuhan, Umbul Ponggok, Umbul Brintik dan masih ada beberapa lagi umbul yang ada di Kabupaten Klaten.

Umbul yang berada di Klaten tersebut dikelola secara baik oleh pemerintah dan masyarakat sekitar, dan dimanfaatkan sebagai sarana tempat wisata yang menarik, dari beberapa umbul yang terdapat di Klaten salah satu umbul yang sangat terkenal adalah Wisata Umbul Ponggok yang terletak di Jln. Delanggu-Polanharjo, Ds.Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten Jawa Tengah,

Di Umbul Ponggok ini  para wisatawan bisa menikmati berbagai wahana bemain seperti perosotan hingga mainan terapung tidak hanya perosatan dan mainan terapung saja di Umbul Ponggok para wisatawan juga dapat menikmati wahana Snorkeling,dan Foto Underwater, pada saat snorkeling wisatawan di suguhkan dengan pemandangan dasar Umbul Ponggok yang sangat bagus karena terdapat berbagai jenis ikan yang berwarna-warnai yang menghiasi umbul tersebut,selain itu juga dilengkapi dengan berbagai properti untuk foto.

Selain Umbul ponggok yang terkenal dengan tempat snorkeling yang bagus, terdapat juga Umbul Brintik yang terletak  di Brintik, Malangjiwan, Kec. Kebonarum, Kabupaten Klaten Jawa Tengah,

Umbul ini terletak di sekitar pinggir area persawahan sehingga pemandangan di Umbul Brintik sangat indah dan masih alami, yang konon katanya Umbul Brintik dapat digunakan sebagai terapi kesehatan,dan bisa manyembuhkan berbagai penyakit, seperti Rematik, Stroke, Saraf kejepit, biasanya orang-orang melakukan terapi kesehatan tersebut dengan cara berendam di Umbul secara rutin.

Keberadaan Umbul Brintik tersebut sangat di sukai oleh banyak kalangan masyarakat sehingga Umbul Brintik selalu dipadati oleh pengunjung dari berbagai daerah, biasanya pengunjung yang ingin terapi di Umbul Brintik mereka datang lebih awal.

(red/ Dewi Kunti Setiyowati ,Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )