Di Ujung Kalimantan Barat Surganya Dunia

Wisata

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Banyak yang belum menyadari ada surga dunia yang tersembunyi di ujung pulau Kalimantan Barat. Kabupaten Sambas tepatnya dimana kabupaten tersebut berada di ekor pulau Kalimantan ini ternyata memiliki wisata alam yang begitu mempersona.

Salah satu pantainya yaitu pantai Temajuk. Temajuk merupakan desa yang berada di sebelah utara bagian barat pulau Kalimantan. Hanya berjarak 4 kilometer dari Telok Melano,Malaysia.

Pantai Temajuk terletak diujung utara bagian barat Kalimantan barat adalah daerah yang paling diminati para penggemar wisata pantai. Keindahan pantainya yang menarik semua orang akan tetapi akses kesana terbilang cukup sulit dan jauh dari pusat kota.

Nah bagi kamu yang penasaran untuk melihatnya seperti apa indahnya wisata pantai Temajuk ini yuk kita intip wisata pantainya.

Pantai-pantai di wilayah Temajuk ini di hiasi pasir putih yang bersih dengan banyak batu-batu granit. Selain itu, pantai-pantai Temajuk juga merupakan tempat bertelurnya penyu laut. Hewan ini dilindungi dan wisatawan yang berkunjung harus meminta izin untuk melihatnya. Jika kamu berkunjung pada bulan Maret- April, kamu bisa melihat langsung para nelayan Temajuk panen ubur-ubur.

Jika kamu dan teman-temanmu susah mencari tempat penginapan? Tenang saja di pantai ini sudah memfasilitasi untuk para pengunjung yang ingin menginap tanpa harus susah payah kalian mencari tempat lain.

Homestay tersebut dibuat tidak jauh dari pantai, jadi ketika malam hari pengunjung juga bisa menikmati angin malam pantai tersebut.

Homestay yang terletak di pinggir pantai ini namanya villa kelapa dua. Bangunan ini unik sekilas mirip dengan  Wae Rebo yang ada di Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Selain pantai nya yang indah ada juga nih salah satu spotnya yaitu rumah terbalik.

Rumah terbalik merupakan rumah dengan konsep terbalik. Penataan barang-barang nya juga terbalik semua, jadi tidak hanya rumahnya saja yang terbalik tetapi interior di dalamnya juga terbalik.

Jika kalian tertarik untuk berkunjung ke temajuk, kalian harus melewati perjalanan yang sangat melelahkan, dari tempat saya di Tebas menuju Temajuk saja memerlukan waktu 9 jam itupun kadang berhenti istirahat 4 sampai 5 kali dan kita harus memilih jalan yang menurut kita mampu ,ada 2 jalur untuk sampai ke desa Temajuk yang pertama melewati jalur sungai dengan menaiki 2 kali ferry sedangkan jalur satunya dengan melewati turun naik gunung jadi perjalanannya penuh dengan tantangan akan tetapi tiba di Temajuk gak bakal kalah dengan keindahan alamnya dan semua lelah nya perjalanan kalian akan terbayarkan dengan menikmati semua keindahannya.

Sedekar saran buat kalian, kalau mau berkunjung ke desa temajuk, usahakan datang pada sekitar bulan April sampai September.

Atau pada saat musim panas agar kalian tidak kecewa karena selain pantai dengan air nya yang biru pada musim panas,kalian tidak akan kesusahan di jalan dengan kontur jalan kering menuju desa Temajuk dan bisa melihat proses perjalanan dan berwisata ria tanpa takut kehujanan.

(Red/Penulis: Teuku Malinda dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa  )