Menu Spesial Di Kapolagha Restaurant Hotel Grandika Simbol Kemerdekaan

Hotel

KoRANBOGOR.com,SEMARANG-Hari kemerdekaan Republik Indonesia menjadi moment bersejarah bagi bangsa Indonesia. Berbagai kreativitas muncul untuk merayakanya. Misalnya di Kapolagha Restaurant Hotel Grandhika Pemuda Semarang, meluncurkan menu spesial dengan simbol kemerdekaan, Selasa (30/7). Mereka memperkenalkan berbagai menu inovatif khas nusantara. Di antaranya ada nasi Pedjoeang dan es Merah Poetih.

Menu spesial nasi Pedjoeang dan es Merah Poetih dibuat oleh Chef and Beverage Manager Hotel Grandhika Pemuda Semarang, Criscentianus Widyo. Dalam sajian nasi Pedjoeang terdapat nasi warna merah dan putih.
Kedua nasi itu disajikan berdampingan di atas piring putih. Hal itu melambangkan bendera Indonesia Sang Saka Merah Putih. Kemudian untuk lauk pauk diambil dari sayur mayur dan lauk tradisional khas nusantara.

“Misalnya ada ayam bacem, lodeh tempa cabai hijau, tumis daun papaya, dan teri balado. Untuk melengkapi santapan lezat ini, Kapolagha Restaurant juga menyiapkan menu minuman es Merah Poetih.
Bahan dari chill juice, susu segar, air soda, dan grenadine syrup. Lalu dituang dengan teknik layer dan diberi tambahan es batu. Nasi Pedjoeang dan Es Merah Poetih ditawarkan dalam satu paket dengan harga Rp. 74.000,00 nett,” ujar Criscentianus Widyo.

Menurutnya, dengan mengambil konsep Kapolagha Restaurant merupakan gabungan antara nuansa modern dan tradisional. Nama Kapolagha diambil sebagai nama restoran. Istilah Kapolagha berasal dari kata “Kapulaga”.

TUNJUKAN MAKANAN: Seorang pengunjung memperlihatkan menu makanan nasi Pedjoeang di Kapolagha Restaurant lantai 1, Hotel Grandhika Pemuda Semarang. (suaramerdeka.com / Pamungkas Suci Ashadi)

Adapun Kapulaga merupakan salah satu rempah-rempah endemik Indonesia. Termasuk sering digunakan sebagai bumbu masakan maupun bahan campuran jamu. “Diharapkan Kapolagha Restaurant dapat menjadi restoran modern, yang masih tetap kental mempertahankan warisan tradisional sebagai Bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Public Relations Hotel Grandhika Pemuda Semarang, Lala Nikmah mengatakan, mulai Agustus hingga Oktober nanti, Hotel Grandhika akan menyajikan tiga menu makanan unik dan dua minuman segar. Sebagai hidangan utama, Chef Widyo menawarkan Bandeng Kropok dan Seafood Sarang Burung. Masakan Bandeng Kropok merupakan bandeng bakar khas Semarang. Akan dihidangkan dengan nasi putih dan siraman sambal colo-colo khas dari daerah timur Indonesia.

Kemudian Seafood Sarang Burung merupakan mangkuk terbuat dari mie menyerupai sarang burung. Di dalamnya terdapat Udang, cumi-cumi, tofu, dan potongan ikan disiram dengan saus Singapore yang bercita rasa asam dan pedas.

Selain itu, Kapolagha Restaurant juga menyiapkan menu minuman Hazelnut Chocolate. Hazelnut Chocholate merupakan minuman dingin berbahan dasar cokelat yang dipadukan dengan susu segar, sirup hazelnut, serta topping whipped cream dan choco powder. Pilihan minuman lainnya ada es Teler Cake, Hazelnut Chocolate dan Blue Ocean.

“Blue Curacao Syrup dicampur dengan air soda, irisan lemon, selasih, dan simple syrup. Warna biru yang ditampilkan tidak hanya menyegarkan mata tetapi juga mampu menjadi daya tarik yang mengundang orang untuk segera mencicipinya. Minuman ini sangat cocok disajikan dalam keadaan dingin dengan tambahan es batu,” ungkapnya.