Keindahan Tersembunyi Pulau Belitung 

Bogor Now Wisata

,KORANBOGOR.comYOGYAKARTA-Pulau Belitung adalah pulau yang mulai dikenal sejak dirilisnya film “Laskar Pelangi” yang di adptasi dari Novel karangan Andrea Hirata. Menurut saya, Pulau Belitung adalah pulau yang sangat indah dan bersih karena belum terjamah banyak tangan.

Pulau Belitung sangat saya rekomendasikan untuk anda kunjungi jika anda memiliki hobi traveling karena disana terdapat pantai-pantai yang sangat indah dengan dihiasi hamparan pasir putih yang luas. Pulau Belitung terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Belitung yang beribukota di Tanjung Pandan dan Belitung Timur yang beribukota di Manggar.

Berikut ini adalah daftar wisata yang harus anda kunjungi jika anda melakukan traveling ke Pulau Belitung.

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung tinggi terletak di sebelah utara kabupaten Belitung, tepatnya 37 km dari Ibukota Kabupaten Belitung. Pantai dengan ciri khas air laut yang jernih, hamparan pasir putih, dengan tambahan jejeran batu granit ini pernah menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi sehingga semakin membuat kita lebih penasaran untuk mengunjunginnya.

Selain itu, ombak di pantai tanjung tinggi juga cukup tenang, sehingga bagi anda yang memiliki hobi menyelam anda tidak perlu takut jika terbawa ombak. 

Di sekitaran pantai ini juga terdapat warung-warung yang menjual beraneka ragam seafood dan beberapa makanan khas dari Pulau Belitung.

2. Pantai Tanjung Kelayang

Terletak di desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, pantai ini berjarak 27 km dari Ibukota Kabupaten Belitung. Di pantai ini terdapat sebuah batu yang bernama batu kelayang dan pernah menjadi mascot untuk Sail Wakatobi-Belitung 2011.

Pantai ini terbagi atas 2 bagian, yaitu pantai bagian timur dihiasi dengan hamparan pasir putih, sedangkan untuk bagian barat dihiasi gugusan batu granit. Di pantai ini kita juga bisa melakukan banyak kegiatan seperti berjemur, berenang, menyelam, memancing, dll.

3. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai adalah pantai yang sangat dikenal oleh wisatawan local. Pantai ini terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Pantai ini sangat menarik untuk di datangi karena memiliki panorama sangat indah, bahkan saya sangat merekomendasikan untuk mengunjungi pantai ini jika anda adalah penikmat sunset dan sunrise

(Red/ Ihsan Nubashit mahasiswa dari Unversitas Sarjanawiyata Tamansiswa  )