Kopi Indonesia Paling Diburu di Internationale Tourismus Borse,Berlin

0
1105
Menteri Pariwisata Arief Yahya saat berada di Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin. (Dok. Kemenpar)

KORANBOGOR.com-Wonderful Indonesia hadir di Berlin, Jerman, membawa cita rasa kopi dari seluruh penjuru Tanah Air. Kenikmatan kopi Indonesia itu dipromosikan dalam pameran pariwisata terbesar di dunia, Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin yang berlangsung pada 7-11 Maret 2018.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku bahwa kopi dari Indonesia paling banyak diburu oleh para pengunjung.

“Saya berada di salah satu sudut kopi Wonderful Indonesia di arena ITB Berlin, kopi kita paling banyak diburu pengunjung di ITB Berlin,” tulis Arief di akun Instagramnya Kamis (8/3/2018).

Ada beberapa kopi khas daerah di Indonesia yang menurut Arief disukai dan diserbu pengunjung. Selain Kopi Kintamani dari Bali yang disebutnya populer di sana,ada juga Kopi Toraja yang disukai orang Eropa.

“Temanya adalah kopi dari setiap daerah, yang hari ini adalah kopi Bali, Kintamani. Populer sekali di sini, stan yang lebih ramai adalah stan kopi Bali banyak diserbu pelanggan terutama orang-orang Eropa,” ungkap Arief,dilansir laman Kemenpar.

Kemudian untuk Kopi Toraja, Arief menyebut para pengunjung mengatakan bahwa kualitas kopi Toraja berbeda dengan kopi di tempat lain.

“Rasa kopi Toraja identik dengan kecokelatan, tembakau, atau karamel. Kopi berwarna hitam dan tidak begitu pekat. Kopi ini memiliki tekstur halus. Saat menyeduh kopi hitam ini dengan air panas, tercium bau khas Kopi Toraja yang harum dan tidak berbau keras,” tuturnya.

Dalam ITB Berlin tahun ini, Indonesia mengusung tema ‘Maritim, Keanekaragaman Bali dan Budaya’.

Wonderful Indonesia hadir membawa industri pariwisata. Termasuk 130 agen perjalanan, hotel, resort, dan enam kantor pariwisata pemerintah daerah,serta maskapai nasional, Garuda Indonesia.

Mereka mempromosikan berbagai objek wisata, termasuk rute penerbangan.(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here