10 Kuliner Khas Yogyakarta yang Patut Kalian Coba Guys!

Kuliner

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTASelain terkenal sebagai kota pelajar Yogyakarta juga memiliki berbagai macam jenis kuliner yang menggugah selera para wisatawan.Disini kita akan sedikit membahas tentang apa saja kuliner yang ada di kota pelajar tersebut, yang pastinya wajib kalian coba.

  1. Gudeg Pawon.
30 Kuliner Jogja yang khas dan paling hits 2018 istimewa

Gudeg Pawon sudah ada sejak tahun 1658 dan uniknya kamu bisa melihat langsung proses memasaknya, karena memang konsepnya bak rumah sendiri, kamu langsung diajak ke dapurnya. Proses memasaknya cukup sederhana hanya menggunakan tungku. Gudeg ini hanya menyajikan menu gudeg andalan dengan kelezatan luar biasa. Warung makan unik ini berada di Umbulharjo, Yogyakarta. Gudeg pawon tak pernah sepi pengunjung lho, selain enak harganya juga bersahabat. Hanya Rp 11.000 – 24.000 sesuai dengan variasi gudegnya.

  1. Sate Klatak Pak Pong
30 Kuliner Jogja yang khas dan paling hits 2018 istimewa

Kuliner satu ini sudah cukup terkenal, tak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Jogja, memilih sate Klatak Pak Pong untuk sekedar makan siang. Sate Klatak memang memiliki kekunikan, kalau biasanya sate ditusu dengan menggunakan bambu, justru sate Klatak menggunakan jeruji besi yang didapat dari jeruji velg sepeda. Untuk sate ini sebenarnya tak ada bumbu khusu atau bumbu rahasia, yang membuat cita rasanya begitu enak. Hampir sama dengan sate-sate pada umumnya. Mungkin karena cara membakarnya menggunakan jeruji velg sepeda, sehingga rasanya sedikit berbeda dan lebih enak. Nah kalau kamu mau ke sini, Sate Klatak Pak Pong berada di Jalan Imogiri Timur, No.7, Wonokromo, Jogja. Sate Klatak Pak Pong juga terkenal dengan murahnya, cuma Rp 12.000 saja.

  1. Soto Sampah.
30 Kuliner Jogja yang khas dan paling hits 2018 istimewa

Kuliner ini terdapat di utara Tugu Jogja, tepatnya di pasar Kranggan. Soto satu ini sudah cukup terkenal, selain namanya yang unik, kuliner ini juga memiliki cita rasa yang nikmat banget. Kebanyakan yang datang berkunjung ke Soto Sampah adalah anak muda. Soto Sampah ini buka dari jam 7 pagi hingga 3 pagi, cukup lama bukan? Nah yang menariknya lagi adalah harganya yang super duper murah, cuma Rp 5.000 saja, gimana? murah banget kan? Ga akan nyesel deh.

  1. Mie Ayam Tumini
30 Kuliner Jogja yang khas dan paling hits 2018 istimewa

Kuliner enak dan tak perlu membayar terlalu mahal ini merupakan mie ayam dengan cita rasa yang nendang banget. Untuk seporsi mie ayam Tumini, kamu cukup membayar Rp 6.000-8.000 saja. Mie ayam Tumini memang sudah cukup terkenal, sehingga kita harus mengantri yang lumayan lama karenasangking ramainya, warung mie ayam ini, bisa menghabiskan lebih dari 700 porsi perhari. Luar biasa bukan?

  1. Es Oyen
7 Es Campur Enak di Jogja Paling Laris 6

Untuk para pecinta durian ini adalah minuman yang sangat cocok anda nikmati. Es oyen adalah terdiri dari potongan alpukat, nangka, susu dan juga potongan durian.Es campur ini termasuk es campur di Jogja terenak yang bisa kamu coba. semangkok es oyen bisa anda nikmati dengan harga Rp8.500 saja. Banyak pedagang es oyen di pinggir jalan, jadi kamu bisa dengan mudah menemukan jajanan enak ini.

  1. Oseng Mercon Bu Narti

Tak salah memang dinamai “mercon”, karena rasa pedasnya benar-benar meledak di mulut. Berdiri hampir 20 tahun lalu saat negara ini dilanda krisis ekonomi, oseng-oseng racikan Bu Narti ini terdiri dari kikil, daging, gajih, kulit dan tulang muda serta cabe rawit yang melimpah. Siap-siap gobyoss!

  1. Ronde Mbah Payem
Bikin Hangat, Ini 5 Warung Ronde Paling Populer di Yogyakarta

Mbah Payem konon sudah lama menjual ronde dan merupakan ronde legendaris langganan Presiden ke-2 RI, Soeharto. Biasanya, mbah Payem berjualan ronde di sebelah timur perempatan Kauman, Kota Yogyakarta, sekitar 100 meter ke barat dari Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta.Uniknya, ronde mbah Payem dibuat dengan cara tradisional, sehingga menghasilkan cita-rasa wedang ronde yang sangat khas. Berjualan sejak tahun 1965 silam, ronde mbah Payem dinilai sebagai salah satu kuliner yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Yogyakarta.

  1. Kupat Gule Bang Doel

Kupat gule buatan Mang Doel sebenarnya sangatlah sederhana. Seporsinya terdiri dari potongan ketupat, telur rebus, dan suwiran ayam. Yang membuatnya menarik perhatian adalah kuah gurih berwarna merah kekuningan. Sangat berbeda dengan menu gule biasanya. Seperti tampilannya, rasa dari kuliner Jogja ini tak mengecewakan. Apalagi ketika telur kuning sudah bercampur dengan kuahnya. Makin gurih dan nendang di lidah.

  1. Jenang Bu Gesti Lempuyangan

Jenang Bu Gesti Lempuyangan buka mulai pukul 8 pagi sampe pukul 10 an gitu. Yang bikin pensaran lagi dan pengen nyobain adalah, banyak yang bilang kalau Jenang Bu Gesti Lempuyangan adalah jenang langganan Sri Sultan Hamengkubuwono X alias gubernur Jogja, Pak presiden Soeharto, dan juga ibu Megawati lho. Sayang banget kan kalau saya ada di Lempuyangan tapi tak mencobanya.

  1. Walang Goreng


Di Gunung Kidul, Jogja kamu akan menemukan lauk pauk berupa walang goreng yang dijadikan cemilan. Walang atau belalang goreng yang terkenal di Jogja ialah Walang Goreng Pak Gareng. Soal rasa jangan khawatir ada banyak varian rasa bumbu yang ditawarkan seperti gurih, pedas hingga bacem. Gimana, apakah tertarik untuk mencobanya?

(Red/Vivi)