10 Kuliner Top Di Madiun

Kuliner

KORANBOGOR.com-Berada di jalur Solo-Surabaya, Madiun jadi poros utama mudik jalur tengah Jawa Timur. Ta ada salahnya mampir sebentar di kota ini. Pasalnya suguhan kulinernya bisa dirasakan oleh mereka yeng melintasi atau mudik ke Madiun.

Menjadi surganya panikmat kuliner, Madiun mempunyai 10 kuliner top Pilihan menuanya sangat lengkap dan wajib menjadi referensi Apa saja? Berikut rangkumannya

Nasi Pecel Yu Gembrot

Warung Nasi Pecel Yu Gembrot berlokasi di area Pasar Besi, tepatnya di pinggir Jalan Imam Bonjol Kota Madiun, Jawa Timur. Berjajar dengan kios-kios lain yang ada di pasar tersebut.

Bahan nasi pecel Yu Gembrot sebetulnya tidak jauh beda dengan nasi pecel Madiun pada umumnya, yakni nasi diselimuti sayuran lalu dilumuri bumbu pecel. Bedanya, pecel Yu Gembrot rasanya terasa betul manisnya. Soal lauk, penikmat bisa memilih tempe, daging, telur, dan rempeyek kacang.

Gado-gado Pak Tomo

Ini adalah salah satu tempat makan yang sudah ternama. Seporsi gado-gado terdiri dari irisan lontong, daun selada, kol, tahu, kentang rebus dan telur rebus disajikan dengan saus kacang yang bertekstur cukup lembut.

Tak lupa kerupuk dan emping ditaburkan di atasnya sebagai pelengkap. Gado-gado dan tahu campur yang ada di tempat wisata masakan Madiun ini memang sangat enak sekali dan wajib kau coba. Warung ini berada di dekat SMA 2 Madiun tepatnya di Jalan Biliton No.38, Madiun Lor, Mangu Harjo, Kota Madiun, Jawa Timur.

Warung Om Breng

Tempat kuliner khas Madiun ini merupakan Café tradisional yang sangat otentik. Oleha sebab itu jangan dilewatkan saat mudik ke Madiun.

gMenunya antara lain mie brengos, mie Godog, kwetiau ayam klasik, dan nasi ayam geprek. Sementara yang mnjadi favoritnya yaitu Nasi Gandul. Silahkan sambangi di Jalan Jawa No. 11, Kartoharjo, Kec. Madiun, Jawa Timur 63122.

Bluder Cokro

Roti khas Madiun bluder sangatlah populer dan sering dijadikan oleh-oleh khas Madiun. Bluder cokro ini memiliki 14 varian rasa antara lain kismis, coklat, keju, original, mix match, kacang, fruty tam, abon, smooked beef, nutela, selai nanas, strawberry, dan blueberry.

Rasa yang manis dan tekstur bluder cokro yang lembut membuat roti ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh berbagai kalangan usia. Untuk harganya roti bluder cokro ini dijual 8 sampai 10 ribu rupiah saja. Outletnya pun buka setiap hari sekitar pukul 7 pagi sampai 9 malam.

Jiero Wedangan

Salah satu tempat nongkrong asik di Madiun yaitu adalah Jiero Wedangan. Tempat ini sangatlah terkenal di kota Madiun. Sajian kulinernya pun lengkap. Soal rasa tidak perlu diragukan, harganya juga terjangkau.

Lokasi Jiero Wedangan ini berada satu area dengan I-Club Madiun. Alamat lokasi Jiero Wedangan ini berada di Jalan Bali No.17, Kartoharjo, Kota Madiun.

Dawet Suronatan

Yan mau segar-segar, langsung saja mampir ke Dawet Suronatan. Dawet yang sudah ada sejak tahun 1960 ini tetap eksis hingga sekarang karena selalu menjaga kualitas rasanya.

Dawet suronatan ini mempunyai presentasi yang lumayan unik. Dawet ini disajikan dengan mangkuk yang ukuranya kecil berisi cendol, bubur ketan hitam, bubur sumsum dan tapai sebagai campuranya. Sangat cocok diminum di saat siang hari yang panas di kota Madiun.

Nasi Bakar Cak Wot

Kuliner unik lain yang ditawarkan Madiun adalah Nasi Bakar Cak Wot. Lokasinya ada di Jalan Serayu Timur Nomor 76, Madiun, Jawa Timur. Kuliner ini menarik dengan cita rasa dan aromanya yang khas. Aromanya khas karena pembungkusnya daun pisang. Hasilnya, cita rasa kulinernya menjadi terasa lebih sedap dan gurih.

Ayam Bakar Cobek

Bagi penikmat ayam bakar, maka kedai ini spot terbaiknya di Madiun. Namanya Ayam Bakar Cobek. Lokasinya berada di Jalan Kelapa Manis. Dijamin sensasi terbaik ayam bakar bisa dirasakan oleh para pemudik. Menjadi spesialis bakar-bakaran ayam, ada beberapa menu yang ditawarkan. Sebut saja, ayam bakar madu yang menjadi identitas.

Nasi Pecel Podang

Salah satu spot terbaik menikmati pecel di Madiun adalah Nasi Pecel Podang. Lokasinya berada di Jalan HA Salim. Cita rasanya sangat khas dan nikmat. Bumbu kacangnya sangat kental. Ada juga campuran beberapa rempah terbaik nusantara. Nasi Pecel Podang sangat khas karena dijajakan dengan mobil boks sehingga mudah dikenali.

Nasi Goreng Blenger

Bagi penikmat nasi goreng, maka spot yang satu ini tidak boleh terlewatkan. Namanya Nasi Goreng Blenger. Lokasinya berada di Jalan Diponegoro, Oro-Oro Ombo, Kartoharjo, Madiun.

Varian menunya sangat banyak. Sebut saja Nasi Goreng Jawa, Bakmi Goreng Jawa, dan Bakmi Kuah. Ada juga Nasi Goreng Super, Bakmi Goreng Super, Capcay, Fuyunghai, dan Koloke. Sangat direkomendasikan bagi yang mudik ke Madiun. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.