5 Kuliner Khas Semarang yang Wajib Kamu Coba

Bogor Now Kuliner

KORANBOGOR.com, SEMARANG -Tidak lengkap rasanya bila berwisata ke Jawa Tengah tanpa mampir ke Kota Semarang. Tidak hanya menawarkan keragaman destinasi wisata yang menarik, tapi juga makanan khas yang akan membuat ketagihan.

Makanan khas Semarang seperti lunpia, wingko, dan bandeng presto cukup populer sebagai pilihan jika singgah ke Semarang. Namun selain itu masih banyak lagi makanan khas Semarang yang wajib untuk dicicipi.Berbagai macam makanan olahan ayam, sapi, dan ikan dengan cita rasa yang khas dapat dengan mudah kamu temui setiap sudut kota Semarang.Beberapa diantaranya merupakan kuliner legendaris yang telah berdiri sejak dahulu kala. Berikut ini 5 kuliner khas Semarang yang wajib Kamu coba.

  1. Mie Kopyok

Makanan dengan bahan dasar mie ini merupakan salah satu makanan khas Semarang yang legendaris karena sudah ada sejak lama.Tampilan mie kopyok sekilas akan mengingatkan kita pada mie kocok Bandung . Namun,mie kopyok ini dibuat tanpa sama sekali menggunakan olahan daging. Kuah mie terbuat dari kaldu rempah rempah.

Sedangkan isiannya berupa potongan lontong atau ketupat, irisan tahu pong, daun seledri, tauge dan kerupuk remah dari kerak (gendar).

Sajian sederhana inilah yang menjadi ciri khas mie kopyok, seratus persen nabati, cocok buat kamu yang memilih pola hidup vegan.

Meskipun sederhana, namun mie kopyok tetap lezat di lidah apalagi mie nya sangat lembut namun kenyal. Salah satu tempat mie kopyok yang legendaris Mie Kopyok Pak Dhuwur, yang terletak di Jl Tanjung, Jl Kyai Saleh, Jl Perintis Kemerdekaan Banyumanik, Semarang, harga per porsinya mulai dari Rp10.000.

  1. Nasi Ayam

Nasi ayam dibuat dari bahan utama daging ayam dan campuran kuah kental. Bumbu-bumbu yang digunakan pada nasi ayam diantaranya bawang merah, bawang putih, garam, cabai dan serai. Nasi dengan kuah kuning opor ini dilengkapi sayur labu yang manis, suwiran ayam kampung serta telur, tahu dan krecek berbumbu khas. Kamu pun bisa memilih tambahan lauk seperti sate telur, sate usus, dan bagian lain dari ayam seperti dada, paha dan sayap.

Bumbu santan dan rempahnya membuat nasi ayam ini menjadi gurih dan tak terelakkan kelezatannya. Untuk menikmati hidangan istimewa ini, salah satu tempat direkomendasi adalah Nasi Ayam Bu Wido yang terletak di Jl Melati Selatan, Brumbungan,Semarang, buka mulai pukul 17.00 hingga 23.00 WIB setiap harinya. Satu porsi mulai Rp10.000 (tanpa tambahan lauk).

  1. Tahu Gimbal

Makanan khas Semarang yang satu ini biasanya banyak dicari oleh banyak orang saat mengunjungi Semarang. Hidangan ini terdiri dari tahu yang digoreng, irisan sayur kol mentah, yang ditambahkan dengan tauge, telur, dan udang.Tahu gimbal disajikan dengan kuah segar yang terbuat dari bumbu kacang yang dibuat dari bahan kacang tanah, cabai, dan petis udang. Makanan ini cocok disantap saat siang hari dan didampingi menu lain. Rasanya merupakan perpaduan antara manis, gurih dan asin yang nikmat. Tahu Gimbal Pak Edi merupakan salah satu tempat rekomendasi untuk mencoba kuliner khas Semarang ini. Lokasinya terletak di Jl Mentri Supeno, Mugassari, Semarang (samping kantor Gubernur) dengan harga Rp 14.000 per porsi.

  1. Babat Gongso

Makanan ini merupakan salah satu makanan legendaris khas Semarang karena sudah ada sejak lama dan di jual turun temurun.Babat gongso merupakan jeroan sapi berupa babat yang dimasak dan disajikan dengan kuah manis pedas. Bumbu-bumbu yang digunakan pada babat gongso ini diantaranya adalah cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit dan daun salam.Yang khas dari babat gongso ini adalah proses memasak yang masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan tungku sehingga menghasilkan rasa khas.

Babat gongso yang terkenal di Semarang adalah babat gongso Pak Karmin yang terletak di Jl Pemuda (dekat Jembatan Berok), Semarang (cabang Telaga Mas dan Jl Gadjah Mada). Warung Pak Karmin merupakan salah satu yang tertua di Semarang.Dibuka sejak tahun 1971, warung sederhana Pak Karmin ini selalu laris diserbu pengunjung.Di sini,babat diolah dengan teknik khusus sehingga tidak lagi berbau ketika disajikan. Babat Pak Karmin juga terkenal empuk dan gurih berkat bumbu rahasia khusus. Satu porsinya dijual dengan harga Rp 20.000.

  1. Soto Ayam Khas Semarang

Makanan khas Semarang yang satu ini merupakan salah satu menu yang cocok untuk sarapan, yaitu soto Semarang. Soto ini memiliki kuah kaldu bening kekuningan yang segar.

Dalam penyajiannya,pengunjung dihidangkan semangkuk nasi soto, bihun, irisan ayam, irisan daun bawang yang disiram bumbu kaldu. Selain itu lauk lain bisa juga kita tambahkan, lauk tambahan yang disediakan seperti perkedel, tempe, tahu bakso, sate kerang, sate telur puyuh, dan sate ati dan juga kerupuk sebagai pendamping.

Kuahnya yang segar dan panas membuat selera makan menjadi semakin tak tertahankan. Salah satu tempat Soto

Ayam Semarang yang terkenal adalah Soto Pak Man, bahkan Presiden Jokowi juga pernah mengunjunginya. Soto Pak Man memiliki lima cabang tempat diantaranya di Jalan Purwosari Raya Semarang, Jalan Telogosari Raya, Jalan Pamularsih Raya dan Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Pudak
Payung. Satu porsinya dijual dengan harga mulai dari Rp16.000.

Penulis: Rifka Safira