5 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kuliner

KORANBOGOR.com – Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini sangatlah penting untuk tetap menjaga daya tahan tubuh agar kuat menangkal virus. Sistem daya tahan tubuh yang kuat dapat membantu melindungi tubuh saat terserang penyakit.

Saat daya tahan tubuh melemah, kuman yang masuk ke tubuh seperti virus dan bakteri dapat membuat seseorang mudah sakit. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seseorang perlu menjalankan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan sehat, rutin olahraga, tidur yang cukup, dan meminimalkan stres.

Selain itu asupan vitamin dan mineral alami dari sejumlah makanan juga sangatlah penting demi menjaga sistem imun. Berikut beberapa rekomendasi makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang koranbogor.com telah rangkum dari berbagai sumber. 

  1. Yogurt 

Yogurt merupakan produk olahan susu yang mengandung probiotik. Kandungan probiotik inilah yang kemudian membuat yogurt dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Agar lebih sehat, cobalah untuk mengonsumsi yogurt tawar tanpa campuran gula. Jika ingin mendapatkan rasa, Anda akan lebih baik jika memaniskan yogurt tawar dengan tambahan buah-buahan sehat atau madu. Yoghurt juga bisa menjadi sumber vitamin D yang hebat. Jadi cobalah untuk memilih merek yogurt yang diperkaya dengan vitamin ini. Vitamin D diketahui dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pertahanan alami tubuh dari serangan penyakit. 

  1. Brokoli 

Brokoli adalah sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Beberapa di antaranya, yakni: Vitamin A Vitamin C Vitamin E Brokoli juga mengandung serat dan banyak zat antioksidan lainnya sehingga sangat berguna untuk menunjang sistem kekebalan tubuh. Kunci untuk mempertahankan kandungan nutrisi brokoli ini, yaitu dengan mengolah atau memasaknya sesederhana mungkin, seperti hanya mengukusnya. Dalam setengah gelas brokoli yang dimasak, terdapat kandungan vitamin C sebanyak 51 mg. Brokoli juga bisa menurunkan tingkat stress, resiko penyakit jantung dan kanker juga akan berkurang jika rutin mengonsumsi brokoli.

  1. Kiwi

Makanan meningkatkan imun tubuh lainnya adalah kiwi, secara alami kiwi penuh dengan nutrisi penting, termasuk folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C di sini dapat meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi. Sementara, nutrisi kiwi lainnya bermanfaat untuk menjaga seluruh tubuh berfungsi dengan baik. Sebuah kiwi yang berukuran sedang memiliki kandungan vitamin C sebanyak 71 mg. Selain meningkatkan sistem imun tubuh, kiwi juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan tingkat stres dan menurunkan kolesterol. Anda bisa mengonsumsi kiwi sebanyak 2 – 3 buah setiap hari agar resiko penyakit stroke dan penggumpalan darah bisa hilang.

  1. Jeruk 

Banyak orang selama ini langsung mencari sumber vitamin C ketika terserang flu. Hal itu dikarenakan, vitamin C memang dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Vitamin C diduga dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. Sementara, hampir semua buah jeruk kaya akan vitamin C. Buah jeruk yang populer meliputi: Jeruk bali, Jeruk keprok, Jeruk lemon, Jeruk nipis. Karena tubuh tidak dapat memproduksi atau menyimpan vitamin C, Anda memerlukan asupan vitamin C dari makanan setiap hari untuk kesehatan yang berkelanjutan. Jumlah harian yang disarankan untuk kebanyakan orang dewasa adalah: 75 mg untuk wanita 90 mg untuk pria Jika Anda memilih suplemen, hindari mengonsumsi lebih dari 2.000 miligram (mg) sehari. 

  1. Almond

Vitamin E termasuk antioksidan kuat sebagai kunci untuk menunjang sistem kekebalan tubuh. Sementara, vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak, yang berarti membutuhkan kehadiran lemak untuk diserap dengan benar.

Maka dari itu, guna meningkatkan daya tahan tubuh, Anda disarankan juga mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond. Almond pasalnya dikemas dengan vitamin E dan juga mengandung lemak sehat. Orang dewasa hanya membutuhkan sekitar 15 mg vitamin E per hari. Untuk mencapai kecukupan vitamin E tersebut, Anda bisa mengonsumsi 46 buah almond utuh yang telah dikupas.

Penulis: Rifka Safira