6 Makanan Khas Korea yang Wajib Kamu Coba!

Kampus Kita Kuliner

KORANBOGOR.com – Selain kebudayaan K-Pop dan drama Korea yang mendunia, saat ini makanan khas Korea pun juga popular di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Populernya budaya K-Pop dan K-Drama di Indonesia ternyata berdampak pada kian dikenalnya beragam hidangan khas Korea. Adegan di K- Drama dan gaya hidup para bintang pop Negeri Ginseng turut mengangkat popularitas kuliner setempat.
Berbagai jenis makanan ala Korea saat ini dapat ditemukan di banyak tempat di Indonesia, dari mulai restoran-restoran ala Korea, hingga makanan instan ala Korea yang bisa kamu beli di berbagai
supermarket, dan bahkan kamu bisa juga membuatnya sendiri di rumah.

Berikut ini 5 makanan khas
Korea yang wajib Kamu coba.

  1. Korean BBQ

Korean BBQ adalah jenis makanan khas Korea yang paling mendunia. Di Indonesia sendiri sudah banyak berbagai macam restoran yang menyajikan Korean BBQ. Ini adalah sajian panggang yang identik dengan potongan daging berkualitas, dan disantap bersama aneka menu pendampingyang disebut banchan, yang merupakan sekumpulan kudapan dalam porsi kecil yang disajikan sebagai menu pendamping di setup set Korean BBQ. Isiannya beragam, mulai dari aneka jenisKimchi, gorengan khas Korea, aneka sayuran segar, dan masih banyak lainnya.
Selain banchan biasanya daging yang dipanggan tersebut juga disajikan bersama dengan Jiggae,yang merupakan kuah sup dengan Isian beragam, mulai dari mie, aneka sayuran, irisan tipis daging sapi, dan terkadang seafood. Adapun basis kuahnya bisa dipilih dari empat jenis yang
lazim digunakan, yaitu gochujang, doenjang, ganjang, atau saujeout.

Jjigae hampir selalu ada sebagai sajian alternatif di restoran Korean BBQ. Disajikan dalam bentukkuah pada panci besar, pada umumnya Jjigae dirancang sebagai hidangan komunal, alias disantap secara ramai-ramai.

  1. Ramyeon

Ramen atau dalam korea biasa disebut ramyeon bukan suatu hal yang asing lagi untuk didengarbagi kebanyakan orang. Ramyeon adalah mie instan versi Korea dengan berbagai macam jenis dan rasa rasa yang kini sudah banyak sekali tersebar di berbagai penjuru dunia.

Setiap negara memiliki ciri khas masing-masing dalam mie instan. Di Korea, kuah ramyeon cenderung kental dan pedas. Biasanya orang Korea memasukkan berbagai bahan makanan lainke dalam ramyeon seperti kimchi, bakso ikan (eomuk), sosis, daging, bahkan telur setengah
matang.

Biasanya di Korea makanan ini sering disajikan langsung di dalam panci dalam keadaan panas,sangat berbeda dengan orang Indonesia yang biasa menyajikan mie instan di mangkuk ataupiring. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan berbagai macam varian ramen instan di
supermarket-supermartket di Indonesia.

  1. Tteokbokki

Tteokbokki adalah makanan khas Korea yang biasanya disajikan dengan rice cake(sejenis kue berbahan beras dengan tekstur kenyal), odeng (kue ikan), dan biasanya

ditambahkan topping tambahan sesuai selerea, seperti telur, mie, eomuk (bakso ikan), dan lain-lain yang disajikan dengan saus pedas khas Korea yang disebut gochujang.

  1. Kimbap

Jika di Jepang kamu kenal dengan yang namanya sushi, maka di Korea kamu akan menemukankimbap. Bedanya, di dalam lembaran rumput laut (kim/gim) terdapat nasi (bap) yang digulungdengan isian sayur-sayuran matang dan potongan telur, daging, atau ikan matang. Kimbap biasa disajikan dalam bentuk bulat dan juga segitiga, sehingga menampilkan isian yang penuh dan terlihat mengenyangkan.

Selain lezat, isian kimbap juga cenderung lebih sehat danaman dimakan dalam jumlah banyak karena bahan-bahan yang digunakan semuanya matang.

  1. Jjajangmyeon

Jjajangmyeon adalah salah satu makanan Khas Korea Selatan yang bahan utamanya yaitu mie tebal dengan campuran saus kedelai hitam, bawang bombay, sayuran, dan potongan daging (atau seafood).

Air kaldu biasanya ditambahkan di dalam saus untuk mengurangi rasa asin dari pasta kacang kedelai, sehingga cita rasanya cenderung gurih bukan manis.

  1. Bibimbap

Bibimbap, yang berarti nasi campur ala Korea, terbuat dari nasi putih dan berbagai macamsayuran yang kemudian diaduk menjadi satu (dicampur) dengan saus khas untuk bibimbap.
Kamu juga bisa menambahkan topping tambahan yaitu telur mentah atau setengah matang di atasnya jika suka, kemudian diaduk sampai tercampur rata.
Bibimbap biasa disajikan di atas hotplate sehingga ketika diaduk dan disantap masih terasahangat dan nikmat. Sensasi memakan bibimbap sangatlah unik karena kamu bisa menemukan berbagai tekstur yang berbeda ketika mengunyahnya, rasanya juga sangat pas karena saus khas
bibimbap yang tercampur rata.

Penulis: Rifka Safira