ANEKA KULINER ENAK DI KEBUMEN

Kuliner

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Indonesia adalah negara kepulauan dengan jutaan pulau yang ada terhampar. Berbagai macam budaya ada di sini. Mulai dari kesenian, pakaiaan adat, upacara adat, rumah adat, hingga makanan khas yang berbeda – beda di setiap daerah.

Kebumen salah satunya, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki berbagai macam kuliner yang tak kalah lezat dengan daerah lain.

Di Kebumen ada banyak macam  kulinernya, dari makanan ringan sampai  makanan berat pun ada. Mulai dari Kebumen bagian utara terdapat kuliner khas salah satunya yaitu beras mutira. Kebumen bagian tengah terkenal dengan nasi penggelnya yang unik. Tak kalah dengan Kebumen bagian utara dan tengah, Kebuemen bagian selatanpun ada kuliner khas yang populer sate ambal namanya.

Beras mutiara adalah beras yang terbuat dari singkong. Singkong yang diolah dengan mesin khusus, yang hasilnya menyerupai beras. Beras mutiara inisangat cocok untuk para penderita diabetes karena kandungan karbohidrat yang rendah. Beras mutiara juga sebagai makanan pokok pengganti padi. Jadi jika kalian mengunjungi Kebumen jangan lupa membeli beras mutiara. Tempat produksi beras mutiara ada di Kecamatan Karangsambung tepatnya di Desa Plumbon.

Dari utara kita beralih ke Kebumen bagian tengah dengan nasi penggelnya yang unik. Nasi penggel adalah nasi biasa yang dibentuk bulat – bulat menyerupaibola pimpong, inilah yang membuat nasi penggel unik. Nasi penggel di sajikan dengan oseng kikil dan sayur gori atau nangka. Seporsi nasi penggel harganya sekitat 10 ribuan, sangat murah bukan. 

Kemudian kitaberalih ke Kebumen bagian selatan,yaitu diwilayah Ambal. Disana terkenal dengan sate ambal. Sate ayam dengan saos satenya yang unik dan lezat tentunya. Saos sate ambal menggunakan tempe untuk membuat cita rasa yang unik dan dengan anek rempah. Sate ambal disajikan dengan lontong atau kupat, harsa satu porsi sate ambal berkisar antara 15-20 ribu.  

Itulah beberapa kuliner lezat di Kebumen masih banyak lagi kuliner yang tersebar diseluruh penjuru Kebumen. Berkunjunglah ke Kebumen nikmati wisata kulinernya dan wisata geopark yang indah dan menawan. Jangan lupa mencicipi kuliner yang telah diterangkan di atas. Selamat mengunjung Kebumen.

(Red/penulis: Aeni Mestika Budi Pambayun, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )