Aneka Kulineran Kota Yogyakarta

Bogor Now Kuliner

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Yogyakarta atau Jogja, siapa yang tidak tahu? Tempat ini adalah kota yang wajib Anda kunjungi setelah Bali. Semua pasti tahu seperti apa Jogja.. Benar apa kata orang setelah berkunjung atau berlibur di Jogja.

Kota Rindu, rindu untuk kembali lagi dan menikmati tempat-tempat atau keramahan orangnya. Tidak hanya terkenal akan tempat wisata, tetapi makanan khas yang harus, wajib dan wajib juga Anda coba dan untuk oleh-oleh gaes..! 

  1. Oseng Mercon 

Siapa yang sudah tahu rasa oseng mercon, apakah pedas? Ya benar sekali, oseng mercon memang pedas pakai banget. Isi oseng mercon ada gajih, kulit, tulang muda dan dimasak bersama cabai rawit atau orang jawa menyebutnya lombok setan.

Pedasnya uji nyali dan cocok untuk orang yang suka pedas seberapa suka pedas Anda wahai pencinta pedas. Harga per porsinya Rp. 27.000, lokasi warungnya di Jl KH Ahmad Dahlan Yogyakarta bisa juga cari di gmaps “Oseng Mercon Bu Narti”, dan untuk bukanya jam 6 sore sampai habis. 

  1. Bakpia Pathok 25

Oleh-oleh khas Jogja yang wajib Anda beli dan bawa pulang untuk keluarga. Bakpia Pathok 25 terdapat banyak rasa yaitu kacang ijo, keju, nanas, coklat, kumbu hitam, dan ada bakpia premium rasa greentea.

Ada juga pia crispy molek rasa keju, dan masih banyak cemilan seperti keripik tempe, rambak sapi dan ceker, wader, belut, dan lain-lain.

Tokonya sangat besar di Jl AIP II K.S Tubun 65 Yogyakarta dan Anda juga bisa berkunjung langsung ke pabrik pembuatannya untuk melihat proses pembutannya dan bisa membeli dengan kondisi masih hangat. Harga cukup seimbang dengan kualitasnya, dijamin tidak menyesal! 

  1. Gudeg Yu Djum

Terkenal dengan rasa manisnya seperti rasa ucapan sayangmu, iyaiya.. Kuliner yang sangat terkenal dari dulu, dengan isi utamanya sayur nangka muda atau gori. Banyak juga lauk lauk untuk hidangan tambahan.

Untuk pemesanan dibawa pulang Anda akan memilih paket dengan kemasan nasi kotak atau besek dan bisa juga dengan kendil yang berbentuk kwali.

Gudeg Yu Djum banyak cabangnya di Jogja, namun tempat yang paling dekat dengan Malioboro dan Alun-alun Keraton yaitu terletak di Jl Wijilan No.167, Penembahan, Keraton, Yogyakarta. Dengan harga yang cukup ekonomis yaitu Rp 20.000 perporsinya.

Inilah ulasan sedikit tentang makanan dan oleh-oleh khas Jogja yang sangat terkenal dan terenak sejak dulu dan wajib untuk dibawa pulang sebagai santapan keluarga. Selamat mencoba dan menikmati.

(Red/ Melinia Andriyani mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )