Bikin Nagih,Makanan Kuliner Khas Magelang,Para Pecinta Wisata Kuliner Wajib Coba

Kuliner

Oleh: Andini Dwi Kartika

KORANBOGOR,com,YOGYAKARTA-Magelang merupakan salah satu daerah di provinsi Jawa Tengah selain memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi.

Dengan adanya daya tarik pesona-pesona keindahannya yang sangat luar biasa obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi oleh para wisatawan baik local maupun mancanegara membuat kota Magelang ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Tidak hanya populer dengan Candi Borobudurnya saja,Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, juga kaya kuliner tradisional yang sayang untuk dilewatkan. Berkunjung ke suatu daerah tentu nggak akan lengkap kalau nggak mencicipi makanan khas dari daerah tersebut, baik makanan yang tradisional makanan khas ataupun makanan yang lagi ngehits.

Hal tersebut juga berlaku bila kamu berkunjung ke Magelang. Jika berkunjung ke daerah yang terkenal akan Candi Borobudur tersebut, kamu bisa menemukan banyak aneka hidangan kuliner yang sayang untuk dilewatkan.

Karena makanan khas Magelang yangmemiliki cita rasa yang sangat luar biasa nikmatnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus makanan khas Magelang juga memiliki harga yang ramah di kantong
wisatawan.

Karena memang selain keindahan tempat-tempat Wisata Magelang berikut beberapa daftar makanan khas di kabupaten Magelang yang patut kalian coba saat berkunjung
di wilayah ini;

  1. Kupat Tahu Magelang
    Siapa sangka kupat tahu Magelang yang merupakan salah satu jajanan jalanan (street food) ini menjadi salah satu makanan favorit yang wajib kalian coba ketika berkunjung ke kota ini. Kupat tahu merupakan makanan yang berbahan dasar ketupat, tahu yangdigoreng, dan saus atau bumbu kacang.
    Kupat tahu khas Magelang ini terkenal dengan kesegarannya. Kupat tahu mangelang dilengkapi dengan irisan kol, bakwan, dan mie, tahu putih. Sementara kuahnya menggunakan gula Jawa dengan campuran bumbu-bumbu rempah yang pastinya terasa nikmat sekali.
  2. Mie Godhog dan Sego Godhog
    Mie godhog atau mie rebus merupakan kuliner khas Kota Magelang yang selalu dicari para pelancong. Ada banyak tempat makan mie godhog Magelang sehingga kamu tidak akan kesusahan mencarinya. Mie godhog Magelang kaya dengan rempah-rempah dengan tambahan ayam cincang yang menggugah selera. Kalau kamu ke Kota Magelang, kuliner satu ini patut dicoba. Sego godhog bisa dibilang saudara kembar dari mie godhog. Sego godhog berarti nasi rebus. Bingung ada nasi direbus? Nasi godhog biasanya dijual satu tempat dengan mie godhog. Cita rasa sego godhog pedas manis.Aroma rempah dalam sego godhog sangat kuat dengan suwiran ayam goreng yang menambah nikmat.Sego godhog jugadilengkapi irisan tomat dan siraman jeruk nipis yang menambah segar.
  1. Mangut Beong
    Mangut beong salah satu kuliner tersohor dari Kota Magelang. Itu karena bahannya yang merupakan ikan beong salah satu ikan endemik Sungai Progo yang melintasi Magelang. Ikan ini mirip dengan lele, mangut beong menjadi buruan para pencinta kuliner pedas. Disajikan di atas piring dengan kuah yang pedas, dijamin lidah akan semakin bergoyang ketika menyeruput kuah mangut. Campuran bumbu cabai dan rempah-rempah sungguh melipat-lipat lidah dan membuat tubuh berkeringat. Cocok sekali untuk disantap siang-siang.
    Mangut beong juga dikenal sebagai kuliner khas tepian Kali Progo. Memiliki cita rasa unik, ukuran mangut beong bermacam-macam. Ada yang seukuran kepalan tangan hingga piring besar. Meski demikian, rasanya tetap meresap hingga daging paling dalam. Dagingnya yang tebal dan empuk juga lebih gurih dan nggak terlalu amis
    dibandingkan ikan sejenis seperti lele. Sementara, resepnya spesial dengan bumbu lengkap mulai dari lengkuas, daun serai, jahe hingga bawang merah. Terbayang kan kelembutan serta gurihnya menu satu ini? Makanan ini tentu sangat pas sebagai pendamping nasi.
  2. Nasi Lesah
    Salah satu kuliner yang nggak kalah lezatnya yaitu nasi lesah. Kuliner ini juga merupakan khas Magelang yang berasal dari Pasar Rejowinangun. Isiannya terdiri dari nasi, bihun, tauge, potongan tahu bacem dan ayam yang disiram kuah santan.
    Sekilas nasi lesah mirip dengan soto, yang membedakan, terletak pada kuahnya. Nasi lesah menggunakan kuah campuran santan. Santan ini yang membuat nasi lesah menjadi gurih dan nikmat. Kuahnya berwarna kekuningan sekilas mirip soto lamongan, tetapi lebih keruh. Santannya nggak begitu pekat, nggak begitu kental, tetapi justru menjadikan pencampurannya dengan rempah lain begitu pas. Selain itu, nasi lesah
    nggak disajikan dalam mangkuk, melainkan disajikan dalam piring.
  3. Sup Senerek
    Ingin mencoba makanan jadul? Sup senerek adalah jawabannya. Sudah ada sejak zaman kolonial, sup senerek terdiri dari nasi yang disiram kuah sup yang berisi wortel, bayam, daging sapi atau bisa juga daging ayam dan kacang merah.
    Menjadi keunikan dan ciri khas dari sup senerek ini adalah kacang merah yang paling dominan dan memenuhi mangkuk. Berbahan bumbu rempah-rempah pilihan, menjadikan makanan ini sebagai makanan legendaris terkenal di daerah yang banyak dikunjungi karena Candi Borobudurnya.
  4. Wedang Kacang
    Kalau kamu ingin yang hangat-hangat, wedang kacang bisa menjadi pilihan. Sesuai dengan namanya, minuman hangat ini memang menggunakan kacang sebagai bahan utamanya. Kacang di minuman tersebut harus direbus bersama dengan gula jawa dan gula pasir. Untuk membuat kacang jadi empuk, dibutuhkan waktu merebus yang cukup lama. Selain untuk membuat empuk kacang, waktu merebus yang lama tersebut juga menghasilkan kuah yang gurih dan berwarna agak cokelat kemerahan. Disajikan dalam mangkuk, wedang yang terdiri dari kuah jahe, kacang dan ketan ini cocok dinikmati bersama sate pisang.
  1. Nasi Goreng Magelangan
    Sangat disayangkan jika berkunjung ke Kota Magelang, Jawa Tengah, tidak mencoba makanan khas yang satu ini. Namanya Nasi Goreng Magelangan kuliner. Nasi goreng memang jenis salah satu menu yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Nasi goreng merupakan salah satu menu andalan yang gampang dan senderhana dalam hal
    pembuatannya. Tetapi tetap menjaga cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya Meskipun saat ini banyak sekali variasi nasi goreng yang bisa dinikmati. Untuk cita rasa memang tidak jauh berbeda dengan nasi goreng pada umumnya. Nasi goreng magelangan berbahan dasar dari nasi dan bumbu rempah-rempah yang lalu digoreng.
    Untuk proses pembuatan ini Nasi dan mie dimasak dulu mengunakan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, merica yang sudah dihaluskan, yang membuat rasanya lebih gurih dan mantap, adalah pencampuran kuah kaldu ayam ketika memasak nasi itu. Menariknya proses masak yang tidak menggunakan kompor gas
    tetapi tungku arang. Aneka pelengkap untuk nasi goreng seperti telur, suwiran ayam atau sosis, irisan sayuran seperti kol, tomat dan bawang goreng.Lebih nikmat lagi disantap bersama degan acar mentimun, kerupuk dan teh hangat.
    Di Magelang ada nasi goreng yang membedakan nasi goreng dikota lain yaitu penambahan tulang ayam yang menambah nikmat nasi goreng tersebut. Dengan adanya tulang ayam pada nasi goreng ini membuat cita Rasanya menjadi asyik makan nasi goreng sambil menggigit-gigit tulang ayam yang masih ada sedikit dagingnya.
  2. Grubi
    Grubi merupakan salah satu cemilan khas yang berasal dari daerah magelang provinsi Jawa Tengah grubi memiliki cita rasa yang cenderung manis dan legit saat anda cicipi grubi sangat cocok di jadikan buah tangan setelah berkunjung di magelang jawa tengah
    Cemilan Grubi terbuat dari ubi jalar yang dipotong lembut memanjang lalu di goreng dengan bentuk bola-bola dan dibumbui dengan gula jawa. cita Rasanya manis khas gula jawa dan karena bentuknya yang lebih mirip gumpalan benang, Grubi menjadi renyah ketika dimakan. Grubi memiliki cita rasa yang unik yang berasal dari gurihnya ubi ditambah gula jawa asli.
    Penggunaan gula jawa selain menambah citarasa dan ke khas-annya tentu saja untuk menghindari penggunaan pemanis buatan. Grubi selain memiliki cita rasa yang enak cemilan ini pun sehat untuk disantap tanpa harus takut bahan pengawet karena cemilan ini dari gula jawa sendiri sudah menjadi pengawet tradisional yang aman dalam pengolahan grubi.
  1. Gethuk Bolen
    Merupakan salah satu cemilan khas yang berasal dari daerah kabupaten Magelang provinsi Jawa Tengah gethuk bolen memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya gethuk bolen juga sangat cocok di jadikan buah tangan setelah berkunjung di daerah Magelang Jawa Tengah. Merupakan kombinasi antara resep kue tradisional dan resep
    kue modern modern yang menghasilkan penganan yang unik pula bernama gethuk bollen.
    Bagi seluruh masyarakat Jawa, gethuk barang kali sudah tidak asing lagi. Jajanan Penganan yang berbahan dsar dari singkong ini banyak dijumpai di Jawa Tengah. Bahkan jajanan gethuk merupakan cemilan setiap hari bagi warga Kota Magelang, gethuk sudah menjadi ikon Kota sejak dahulu.cita Rasanya yang legit manis dicampur dengan parutan kelapa yang gurih membuat jajanan ini terasa ngangeni.
    Sedangkan kue bollen adalah makanan khas Bandung. Sejenis roti kering berlapis lapis atau sering disebut pastry. Biasanya kue bollen yang berisi aneka topping seperti misalnya pisang, keju, cokelat, kacang atau bahan lainnya.
    Kuliner untuk sekarang ini banyak sekali perpaduan dan inovasinya salah satunya yaitu bollen sudah dapat dipadukan dengan gethuk yang menghasilkan panganan tradisional Magelang dengan tampilan yang berbeda. Cita Rasa gethuk yang legit manis dan lembut berpadu dengan kulit kue pastry yang gurih dan renyah membuat kue ini cocok
    untuk camilan dengan di teman minum teh atau kopi.
  2. Ampyang atau kacang gula merah
    Merupakan salah satu cemilan khas yang berasal dari daerah kabupaten Magelang provinsi Jawa Tengah yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya manis serta legit di mulut.
    Ampyang adalah salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar utama yaitu kacang tanah dan gula merah amyang juga memiliki nama lain gula kacang.
    Ampyang berwarna coklat tua karena berbahan dasar dari gula merah amyang memiliki tekstur keras seperti coklat batangan yang di dalamnya berisi kacang kacangan amyang juga memiliki variant rasa seperti original jahe dan juga coklat.
    Ampyang berasal dari jawa tengah jika anda berkunjung di Salatiga Solo ataupun Magelang anda dapat menemukan dengan mudah jajanan tradisional ini di pusat oleh oleh amyang juga sudah di kirim sampai ke luar negeri seperti Malaysia Belanda China dan Thailand. Nah cukup sekian dulu teman-teman atas pengenalan tentang makanan kuliner khas dari Magelang, Jawa tengah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia khususnya di Magelang ini.