Bingke Pontianak,Jajanan Khas Di Kota Yang Istimewa

Kuliner

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Indonesia memiliki berbagai macam kuliner yang tak kalah lezatnya dengan kuliner – kuliner dari berbagai negara.

Termasuk jajanan khas dari berbagai daerah salah satunya adalah jajan khas yang berasal dari Pontianak yaitu Bingke.

Walaupun bukan berasal dari daerah yang istimewa yaitu Yogyakarta tetapi jajanan khas ini begitu diminati oleh warga sekitar. 

Bingke merupakan jajanan tradisional dari pontianak yang memiliki cita rasa yang unik. Teksturnya yang lembut dan bercitra rasa manis sangat menggugah siapapun untuk mencoba bingke ini.

Bingke terbuat dari bahan – bahan yang sering digunakan untuk berbagai macam kuliner lainnya yang hampir mirip. Kue bingke  terbuat dari campuran telur, santan, tepung terigu dan gula pasir.

Tidak hanya sampai disitu selanjutnya ada sebuah proses yang membuat kue bingke ini terlihat unik yaitu proses pembuatannya.

Cara membuat kue bingke ini adalah dengan memasukkan adonan dari bahan – bahan tersebut yang telah dicampur. Lalu, dimasukkan kedalam cetakan atau wadah yang berbentuk seperti daun semanggi yang memiliki kelopak enam. 

Walaupun terlihat mudah namun membuat kue bingke juga memiliki tingkat kerumitan dalam hal memanggang. Jika tidak dipanggang dengan benar kue ini tidak akan matang dengan pas.

Kue bingke biasanya dipanggang sebanyak dua kali untuk mendapatkan tingkat kematangan yang pas.

Kue bingke yang matang dengan pas memiliki warna kombinasi cokelat muda dan cokelat tua. untuk itu dibutuhkan orang dengan ketelitian yang tinggi untuk membuat kue ini agar cita rasa khas yang sudah ada tidak hilang begitu saja.

 Tidak hanya rasa original dari kue Bingke, kue ini juga mulai di variasikan dengan berbagai toping mulai dari toping cokelat, keju, atau yang sedang banyak diminati sekarang adalah kue Bingke dengan toping boba. Menarik sekali bukan? 

Jika ingin mencobanya kamu tidak harus pergi ke pontinak. Karena, sekarang sudah banyak yang menjual jajanan ini. Sangat mudah  ditemukan penjual bingke disini karena peminat dari jajanan ini juga banyak.

Tertarik mencoba jajanan yang unik ini? Kamu yang di Yogyakarta bisa menemukannya di Jalan Sultan Agung,seberang bekas bangunan bioskop Permata. harganya pun sangat terjangkau, tidak lebih dari Rp20.000 kamu sudah bisa merasakan Bingke khas pontianak ini. 

Red/Penulis:Rizka Amalia Ramadhanti )