Kopi Joss Tidak Hanya Nikmat,Tapi Juga Bermanfaat

Kampus Kita Kuliner Wisata

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Bagi masyarakat Yogyakarta siapa yang tidak tahu Angkringan Kopi Joss Lik Man. Kopi Joss Lik Man memang cukup nyentrik dan cukup terkenal di Yogyakarta.Bagaimana tidak terkenal, penyajian kopi ini sangat unik, dan menarik, yaitu secangkir kopi hitam dengan bara arang diatasnya. 

Angkringan Kopi Joss Lik Man hanya dapat ditemui di utara Stasiun Tugu Yogyakarta di sepanjang Jalan Wongsodirjan. Disana banyak penjual angkringan yang ramai oleh pengunjung.

Menu yang disajikan juga beragam, seperti nasi kucing, sate usus, hingga jahe hangat, namun Kopi Joss tetap menjadi primadona para pengunjung angkringan. Angkringan Lik Man tidak pernah sepi pembeli, karena beliaulah memperkenalkan Kopi Joss untuk pertama kalinya.  

Menurut Kobar (48) anak semata wayang Lik Man, dulu ada seorang masinis yang minta dibuatkan kopi klothok kepada Lik Man. Kopi Klothok adalah kopi yang cara membuatnya yaitu dengan dimasak terlebih dahulu baru disiram, tetapi Lik Man tidak bisa membuatnya.

Kemudian Lik Man menyiasati dengan memasukkan bara arang ke gelas yang telah berisi kopi agar muncul kesan nglothok atau mengelupas. Ternyata sang masinis lebih menyukai kopi buatan Lik Man.

Sejak saat itu kopi buatan Lik Man ramai diserbu pengunjung yang penasaran dengan Kopi Joss. Nama Kopi Joss sendiri merupakan pemberian dari para pengunjung karena muncul suara “Jooosssss”  pada saat bara arang dimasukkan ke dalam segelas kopi.

Bara arang yang dimasukkan ke dalam segelas kopi sering kali dipertanyakan keamanannya dan kebersihannya. Tetapi jangan khawatir, sebelum dimasukkan ke dalam segelas kopi,bara arang akan diketuk-ketuk untuk memastikan debu-debu tersingkir dari bara arang tersebut.

Bara arang yang telah dibakar dengan suhu mencapai 250 derajat celcius akan berubah menjadi karbon aktif  yang bermanfaat mengikat racun pada tubuh atau detoksifikasi.

Selain mengandung zat karbon, arang juga mengandung zat sorbitol yang berfungsi sebagai zat penyerap racun yang dibuang melalui saluran pencernaan. Arang juga dapat mengobati penyakit-penyakit seperti asam lambug, kembung, masuk angin dan juga panas dalam.

Kopi Joss juga aman diminum oleh penderita maag karena bara arang dapat mengurangi kandungan kafein dalam kopi.

Selain itu bara arang yang dimasukkan ke dalam segelas kopi dapat menambah cita rasa kopi menjadi lebih nikmat.

Akan tetapi perlu diperhatikan juga arang jenis mana yang terbaik untuk dimasukkan ke dalam segelas kopi.

Salah satu arang yang bisa digunakan untuk Kopi Joss yaitu arang yang terbuat dari kayu samba. Bahaya dan manfaat dari Kopi Joss memang belum teruji secara ilmiah.

Tetapi tidak ada salahnya untuk sesekali mencoba sajian unik dan nyentrik ini ketika berada di Yogyakarta.

(Dyah Ratna Wirasanti – Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)