Kue Ipau, Kuliner Cantik Khas Kalimantan Selatan

Kuliner

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Berbicara tentang kuliner sepertinya tidak akan ada habisnya, mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner modern, bahkan kuliner memiliki tempat tersendiri di jagad media sosial.

Banyak konten Creator yang rupanya tertarik untuk membahas tentang berbagai macam kuliner. Tidak dapat dipungkiri konten tentang kuliner memiliki cukup banyak penggemar dan penonton. 

Membahas tentang konten kuliner, sepertinya para konten Creator harus berkunjung ke Banjarmasin.

Terdapat satu kuliner khas yang menjadi primadona di Kalimantan Selatan tepatnya di Banjarmasin, sayangnya kue ini hanya ada ketika bulan Ramadhan.

Masyarakat Banjar sering menyebutnya dengan nama kue Ipau. Kue ini terkenal dengan rasanya yang gurih dan sedikit manis, perpaduan yang sangat cocok untuk lidah masyarakat Banjar. 

Kue Ipau dihidangkan dengan kuah santan kental dengan rasa sedikit manis gurih, sangat cocok dengan tekstur kue Ipau yang cenderung kenyal.

Pembuatan kue Ipau sendiri memakan waktu cukup lama karena terbuat dari beberapa lapis lempeng yang berbahan dasar tepung terigu. Dipadukan dengan berbagai jenis sayuran seperti wortel dan kentang yang di letakkan di setiap lapisannya.

Tidak hanya sayur,  kue Ipau juga di padukan dengan daging sapi, terbayang betapa nikmatnya kue ini ketika di santap saat berbuka puasa. Untuk mempercantik tampilan biasanya di bagian atas kue akan di taburi dengan bawang goreng dan daun sop.

Rasa manis dan gurih dengan tekstur kenyal namun lembut  ditambah segarnya daun sop menjadi satu kenikmatan tersendiri bagi pecinta kue Ipau.

Penjual kue Ipau biasanya menggunakan Loyang besar sebagai tempatnya, kemudian akan di potong ketika ada pembeli datang.

Tidak susah menemukan kue ini ketika bulan Ramadhan, terutama di Pasar Wadai. Pasar yang hanya ada ketika bulan Ramadhan dan berisi kuliner tradisional khas daerah. Selamat mencoba 

Oleh : Atikah Trisna Sari