Kuliner Khas Jogja Terlezat dan Bikin Ketagihan

Kuliner

Yogyakarta atau lebih sering disebut Jogja adalah kota yang mendapat julukan Kota Pelajar,Kota Gudeg,Kota Perjuangan,Kota Pariwisata dan juga Kota Budaya,Jogja adalah kota yang mempunyai banyak tempat wisata yang sekaligus pengunjung dapat menikmati kuliner khas Jogja.

Jogja menawarkan banyak sekali kuliner yang sangat lezat, enak dan membuat kita ketagihan untuk mencicipinya. Salah satu makanan yang khas di Jogja adalah gudeg, namun ternyata tidak hanya gudeg saja yang bisa kita nikmati. Berikut adalah destinasi kuliner di Jogja.

  1. Gudeg Yu Djum

Gudeg adalah makanan khas di Jogja. Nah pastinya langsung tertuju ke gudeg Yu Djum dong? Meskipun banyak yang menjual gudeg, namun di Jogja gudeg yang popular adalah gudeg Yu Djum. Selain porsi yang banyak, rasa gudeg ini tidak perlu dirugikan lagi. Gudeg Yu Djum ini sudah memiliki cabang di beberapa titik kota Jogja dan pusatnya terletak di Wijilan. Gudeg ini bisa dijadikan oleh-oleh dan aman untuk dibawa pulang.

  1. Bakpia Pathok 25

Selain gudeg, ada lagi makanan yang tidak boleh dilewatkan. Makanan ini terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang dibalut dengan kulit yang terbuat dari tepung kemudian dipanggang, yaitu bakpia. Bakpia pathok 25 adalah salah satu bakpia yang melegenda dari Jogja yang berasal dari daerah Pathok (Pathuk). Disini disediakan contoh bakpia yang bisa kita cicipi terlebih dahulu sebelum membelinya. 

  1. Krecek

Makanan khas Jogja berikutnya adalah makanan yang bisa disajikan bersamaan dengan Gudeg.Krecek adalah kulit sapi yang dikeringkan yang dapat digunakan untuk campuran masakan dan dibuat kerupuk. Namun, biasanya kerupuk kulit ini dimasak bareng bersama sambel dan memiliki rasa pedas gurih yang dominan.

  1. Geplak

Geplak adalah sebuah makanan khas dari Kota Bantul yang sudah terkenal dijadikan oleh-oleh wisatawan yang berkunjung di Jogja. Geplak merupakan salah satu jenis kue tradisional khas Jogja yang masih dilestarikan. Makanan khas Jogja ini berbentuk bulat-bulat kecil berwarna-warni yang terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan tepung dan gula

  1. Gatot Gunungkidul

Gatot adalah jenis makanan khas Gunungkidul yang terbuat dari ketela atau ubi kayu dan juga merupakan satu varian dari gaplek (ubi yang dikeringkan) yang berwarna hitam. Kualitas gatot ini ditentukan dari bahan dasar ketelanya. Biasanya gatot dimakan bersamaan dengan sayur sebagai pengganti nasi. Makanan ini menjadi makan yang sangat favorit bagi masyarakat Gunungkidul karena rasanya manis, lezat, dan gurih. 

  1. Sayur Lombok Ijo 

Sayur lombok ijo merupakan salah satu warisan kuliner tradisional yang sangat khas dari Gunung Kidul, Yogyakarta. Sayur ini terbuat dari bahan dasar seperti santan kelapa, cabai hijau, cabai rawit, kacang panjang, tempe kedelai, dan bahan lainnya. Makanan ini memiliki ciri khas kuahnya yang terbuat dari santan yang mempunyai rasa pedas dan gurih. Sayur ini biaasanya dijadikan pendamping Sego Abang.

  1. Sate Klatak Pak Pong

Sate klatak adalah daging kambing yang ditusuk menggunakan besi yang kemudian dibakar dan dihidangkan dengan kuah gulai. Rasanya berbeda dengan sate lainnya dan sate klatak ini membuat kita ketagihan untuk mencoba lagi di lain hari. Salah satunya adalah sate klatak Pak Pong yang berada tak jauh dari Stadion Sultan Agung. Hampir setiap harinya tidak pernah sepi dari pembeli dan juga parkiran warung ini dipenuhi dengan mobil dan bis.

  1. Cilok Gajahan

Cilok merupakan jajanan yang terbuat dari tepung tapioka yang berasal dari Jawa Barat. Di dalamnya terdapat daging cincang yang membuatnya terasa kenyal dan gurih. Meskipun makanan khas Jogja ini berasal dari Jawa Barat, namun Cilok Gajahan menjadi makanan khas Jogja karena saking populernya. Saking banyak peminatnya, penjual cilok ini yang dulunya berjualan menggunakan gerobak, sekarang sudah membuka cabang. 

  1. Sate Kere

Makanan khas Jogja ini memiliki nama unik yaitu makanan yang berbahan dasar gajih atau lemak sapi yang diberi bumbu rempah khusus. Sate ini saat dibakar menghasilkan asap yang begitu banyak sehingga memiliki aroma yang sangat menggugah selera dan membuat tak sabar untuk menyantapnya. Biasanya dapat kita jumpai di Pasar Beringharjo.

  1. Walang atau Belalang Goreng

Walang goreng ini salah satu kuliner khas Gunungkidul. Makanan yang unik ini tak biasa dijumpai di banyak daerah. Makanan yang kaya dan tinggi protein ini sangat lezat dan gurih, yang berbeda dengan kelezatan udang goreng. Penjual walang goreng biasanya dapat kita temukan di pinggir-pinggir jalan. Apabila kita sedang berlibur di daerah pantai Wonosari, kita dapat menemukan penjual walang goreng di sepanjang jalan Wonosari setelah daerah Pathuk.

Itulah kuliner khas Jogja yang lezat dan juga membuat ketagihan. Jadi jika sedang berkunjung atau berwisata ke Jogja, jangan lupa untuk mencoba dan mencicipi makanan khas tersebut. Jangan lupa juga untuk membeli makanan khas Jogja sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

(red/Penulis :: Yulita Ayu Pridamayanti  )