Kuliner Yang Wajib Kalian Coba Saat Traveling ke Kalimantan Barat

Bogor Now Kuliner

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Kalimantan Barat adalah provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan dengan Ibu Kota Provinsi yaitu Pontianak .Kalimantan Barat merupakan provinsi ke empat terbesar di Indonesia setelah Papua, Kalimantan timur dan Kalimantan Tengah.

Selain itu Kalimantan barat juga berbatasan langsung dengan Malaysia. Etnis utama di Kalimantan Barat adalah Suku Dayak,Suku Melayu dan Tionghoa. Selain alam nya yang indah,

Kalimantan Barat juga memiliki makanan khas yang wajib kalian coba saat berkunjung ke Kalimantan Barat, penasarankan berikut adalah makanannya: 

  1. Bubur Pedas 

Pasti saat mendengar Bubur Pedas kalian akan mengira makanan ini ini memiliki rasa yang sangat pedas, Bubur Pedas merupakan makanan khas orang Melayu Sambas yang ada di Kalimantan barat, makanan ini merupakan makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Kalimantan Barat,makanan khas Kalimantan Barat ini sangat unik karena tidak seperti bubur biasa, Bubur Pedas terbuat dari berbagai macam sayuran seperti  ; Kangkung, Pakis, Daun Kesum,Wortel,Ubi Kacang Panjang dan rempah- rempah lainnya. Yang membuat cita rasanya menjadi unik adalah tambahan Daun Kesum yang hanya ada di Kalimantan Barat. Jadi kalian wajib coba kuliner yang satu ini jika berkunjung ke Kalimantan Barat.

  1. Mie sagu 

Makanan berbahan baku Sagu tidak hanya populer di Indonesia bagian Timur. Di kalimantan Barat Sagu dijadikan bahan baku utama untuk membuat Mie, namanya Mie Sagu makanan khas orang Melayu di Pontianak. Mie Sagu sangat mudah ditemukan jika berkunjung ke Kalimantan Barat, makanan ini biasa di jual di warung makan, makanan ini di jadikan selingan atau sarapan pagi bagi masyaarakat Kalbar. Yang membuat Mie Sagu ini istimewa adalah Mie ini di sajikan mengunakan Kuah Kaldu sebagai pelengkap. 

  1. Kwe Tiaw Goreng 
C:\Users\nelsa.aprialiska\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\50-kwetiau-goreng-spesial-pedas.jpg

Kwe Tiau goreng adalah makanan khas masyarakat Tionghoa yang ada di Kalimantan Barat.  Makanan ini salah satu makanan favorit masyarakat Kalimantan Barat. Bagi kalian penggemar Chinese Food makanan ini wajib kalian coba jika berkunjung ke Kalimantan Barat. 

  1. Kerupuk Basah 

Apa yang kalian pikirkan saat mendengar kata Kerupuk, pasti Cemilan yang Renyah,Gurih dan Kriuk,tapi ada yang berbeda saat kalian makan Kerupuk Basah. Makanan khas Dayak di Kapuas Hulu ini tidak seperti yang kalian bayangkan, bentuknya lebih mirip kayak Empek-Empek namun lebih panjang dan tidak di goreng . Kerupuk Basah terbuat dari Tepung Sagu dan Ikan biasanya masyarakat meggunakan daging Ikan  Belida ( salah satu Ikan khas Kalbar) .kuliner ini di sajikan dengan Saos Kacang seperti Sate. Kebayang kan rasanya seperti apa, sudah pasti enak dan gurih banget. 

  1. Ale- ale 

Ale- Ale adalah hewan laut sejenis Kerang-Kerangan yang banyak di jumpai di daerah Ketapang. Ele-Ale hanya di jumpai di perairan yang bersih dan belum tercemar, bagi kalian pencinta Kerang olahan Ale-Ale ini sangat cocok di santap jika Travling di Kalimantan Barat 

  1. Asam Pedas Tempoyak 
C:\Users\nelsa.aprialiska\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\gulai-asam-pedas.jpg

Kalian pasti sangat familiar dengan kuliner Asam Pedas, tapi asam pedas di Kalimantan Barat ini beda dari asam pedas dari daerah lain. Gulai Asam Pedas di Kalimantan Barat di campur dengan Tempoyak.

Tempoyak adalah daging buah durian yang telah di fermentasi. Tempoyak inilah yang memberi cita rasa yang khas Asam Pedas. Kalian penggemar Durian dan wajib banget cobain kuliner yang satu ini,kebayangkan rasanya kayak gimana ? pasti unik banget rasanya.

(Red/Nelsa Afrialiska,Nim : 2018015310,status : Mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiata Tamansiswa Yogyakarata )