Lekker Paimo, Jajanan Legendaris di Semarang yang Wajib Kamu Coba!

Bogor Now Kampus Kita Kuliner

KORANBOGOR.com, Semarang – Lekker merupakan salah satu jajanan yang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Semarang. Nama makanan ini diambil dari kata lekker yang dalam bahasa Belanda bermakna enak. Leker pada awalnya disajikan dengan cita rasa manis dari isian caramel, namun saat ini sudah lebih banyak variasi lekker.

Di Semarang salah satu tempat lekker legendaris adalah Lekker Paimo, yang berlokasi di Jalan Karanganyar No. 37 (depan) SMA Kolase Loyola, serta di Jalan Mangunsarkoro, Semarang. Kedai ini memiliki dua cabang dan keduanya buka dari pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB.

Lekker paimo telah ada sejak tahun 1996, yang membedakan lekker yang satu ini dengan lekker lainnya adalah pilihan menu yang beraneka ragam, pada umumnya lekker identik dengan isi varian manis, berbeda dengan lekker paimo yang memiliki banyak varian asin pada menunya. 

Meskipun harganya cenderung lebih mahal daripada lekker pada umumnya, namun lekker yang satu ini tidak pernah sepi pelanggan, bahkan kamu harus rela mengantre berjam-jam untuk mendapatkannya, tak heran lekker paimo menjadi top kuliner di Semarang yang wajib dicoba. 

Varian manis di Leker Paimo sangat beragam, ada meses, susu, pisang, keju, jagung manis, atau kombinasi. Ada topping premium juga seperti nutella dan ovomaltine dan untuk teksturnya cenderung renyah.

Namun untuk varian asin seperti telur, tuna, kornet, mozarella, atau campuran kelimanya, tekstur leker cenderung jadi lebih basah. Harganya pun bervariasi dari mulai Rp2.000 hingga Rp 35.000.

Salah satu menu termahal dan juga yang paling banyak dipesan adalah leker sosis tuna telur kornet mozarella, dan lekker keju sosis mozzarella. Adonan leker yang memiliki cita rasa agak manis, tetapi ternyata cocok dipadukan dengan isian asin seperti sosis dan tuna.

Telurnya dimasak dengan adonan bumbu cair, sehingga tidak terasa hambar, ditambah gurihnya mozarella membuat varian leker ini paling menjadi favorit.

Untuk varian manis, nutella dan ovomaltine menjadi pilihan menu yang paling banyak di pesan. 

Penulis: Rifka Safira