Lezatnya Si Manis “Hok lo Pan” ( Martabak Manis ) Kuliner Khas Bangka Belitung

Bogor Now Kuliner

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Hok Lo Pan merupakan nama asli Martabak Manis yang sering masyarakat luas kenal dengan sebutan Martabak Manis.

Di Bangka sendiri jarang masyarakat menyebutnya dengan sebutan Martabak Manis karena kata Hok Lo Pan ini sudah dikenal masyarakat Bangka dari jaman dahulu.

Makanan ini diciptakan oleh orang-orang Hakka Bangka ( Suku Khek ). Hok Lo Pan ini sendiri berarti Kue orang Hok Lo. 

Di bangka sendiri makanan ini sering dijadikan teman kopi atau hidangan untuk tamu juga sering dijadikan makanan peluluh hati calon mertua untuk “Bekal Ngapel.”

Sekarang kue Hok Lo Pan yang ada di Bangka dominan dijual oleh suku Tionghoa dan diminati semua kalangan dari anak-anak sampai orangtua.

Makanan satu ini juga jadi inceran para wisatawan atau pengunjung dari luar kota hingga mancanegara karena cita rasa nya yang nikmat dan harganya yang terjangkau menjadi daya tarik tersendiri.

Aslinya Toping kue ini yaitu Wijen namun seiring berjalannya waktu sekarang sudah ada bermacam-macam Toping.

Sekarang makanan ini sudah terkenal diseluruh indonesia juga di mancanegara. Untuk mendapatkannya pun tak perlu jauh-jauh lagi ke Bangka. Karena di kota-kota lain pun sudah banyak yang jual. Walaupun cita rasanya tidak seperti aslinya yang ada di Bangka.