Kue Alame,Makanan Khas Batak Saat Idul Fitri

Kuliner

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Makanan khas Batak Idhul Fitri adalah Kue Alame di bagian Kota Padangsidempuan, Sumatera Utara.Kue Alame adalah kue berwarna hitam dan bentuknya seperti kue dodol.-

Kue Alame ini terbuat dari bahan-bahan alami, yaitu tepung beras, ketan, gula merah, santan kelapa, kayu manis, dan tepung terigu.

Proses pembuatan Kue Alame tidak semudah yang kita bayangkan, biasanya para ibu-ibu warga setempat beramai-ramai memasak Kue Alame.

Kemasan Kue Alame biasanya terbuat dari daun Pandan kering. Hal ini membuat Kue Alame menjadi lebih awet dibandingkan jika dikemas dengan pelastik atau yang lainnya. Kue AlameĀ  bisa bertahan dalam berhari-hari.

Kue Alame rasanya yang khas adalah manis dan juga lengket, serta Kue Alame memiliki banyak manfaat yaitu Kandungan kalori Kue Alame lebih rendah. Kandungan kalori Alame seberat 22 gram hanya 71 kalori saja.

Keunggulan lainnya adalah kandungan zat besi pada beras ketan juga lebih tinggi daripada beras putih biasa. Selain itu, Seiris Kue Alame mampu memenuhi kebutuhan zat besi empat kali lebih banyak daripada sepotong Cake.

Tidak banyak orang mengetahui, kalau rendahnya kadar natrium Kue Alame membuatnya menjadi salah satu makanan yang baik.

Harga Kue Alame biasa nya dijual dengan harga Rp.10000 –

(Red/ Fadila Arnisa Harahap )