Mampir ke Semarang? Wajib Coba 5 Bakmi Jawa Legendaris Ini

Kampus Kita Kuliner

KORANBOGOR.com, Semarang – Semarang memang menjadi salah satu kota tujuan wisata yang banyak diminati.Namun,selain tempat wisatanya yang menarik untuk Anda kunjungi, Semarang juga memiliki banyak makanan enak atau tempat wisata kuliner yang cukup direkomendasikan, salah satunya adalah Bakmi Jawa.

Kuliner yang satu ini menjadi salah makanan tradisional yang banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Semarang.

Bakmi Jawa atau ada yang menyebutnya sebagai bakmi jowo sebenarnya tidak berbeda dengan olahan bakmi pada umumnya. Bakmi jawa identik dengan bakmi rebus, namun sekarang telah divariasi dengan berbagai macam menu dan berbagai macam cara pengolahannya seperti bakmi atau bihun yang digoreng, direbus maupun nyemek, selain itu juga ada nasi goreng atau nasi ruwet yang merupakan campuran antara mie dan nasi.

Rata-rata penjual bakmi jawa tradisional masih menggunakan arang
sehingga menghasilkan bau yang lebih sedap. Berikut ini adalah 5 tempat Bakmi Jawa yang terkenal
enak di Semarang.

  1. Pak Gareng

Bakmi Jowo Pak Gareng merupakan salah satu kuliner di Semarang yang legendaris, karena kuliner ini sudah ada sejak tahun 1970. Awalnya warung bakmi ini berjualan dengan menggunakan gerobak dan sekarang telah menetap di Jalan Wot Gandul Dalam nomor 173.

Tidak hanya menu bakmi goreng dan rebus saja, di sini kita bisa menikmati menu lainnya seperti nasi goreng, nasi rebus, bihun goreng, atau
bihun rebus.

Hal yang membedakan bakmi Jawa Pak gareng dengan bakmi jawa lainnya yang ada di Semarang adalah racikannya yang menggunakan kaldu ayam kampung asli dan tambahan suwiran ayamnya.

Untuk bumbunya sendiri Bakmi Jawa Pak Gareng memiliki resep rahasia yang sudah turun-temurun. Anda bisa berkunjung ke kedai Bakmi Jawa Pak Gareng mulai dari pukul 11 siang hingga 12 malam.

  1. Bakmi Jawa Pak Doel Noemani

Selanjutnya ada Bakmi Djowo Pak Doel Noemani yang merupakan salah satu warung bakmi yang terkenal di Semarang. Karena lokasinya yang berada di tengah kota maka tidak heran jika warung bakmi ini selalu ramai dikunjungi pembeli.

Saat ini Bakmi Jawa Pak Doel Noemani ini memiliki dua cabang, lokasinya berada di Jl. Pemuda No 117 dan juga berada di Jl. Pemuda No. 145 (Sebelah SMAN 5) dan buka pukul 10 pagi hingga pukul 12 malam.

Cara memasak Bakmi Jawa Pak Doel Nomani di sini juga masih tradisional yaitu menggunakan tungku meski tetap menggunakan bara api bukan arang. Sedangkan untuk campuran Bakmi Jawa Pak Doel Nomani ini juga hampir sama degan mie godog lainnya itu berupa sayur-sayuran seperti sawi dan juga telur orak-arik yang dimasak setengah matang, selain itu juga ada menu lain yang tersedia seperti Bakmi Goreng, Bakmi Nyemek, Bakmi Godog, Nasi Ruwet, hingga Bakso, dan juga ada Sate Ayam sebagai
makanan pendamping. Selain mudah dijangkau, rasa bakminya juga nikmat. Sangat enak disantap saat cuaca sedang dingin-dinginnya.

  1. Pak Rebi

Berikutnya ada Bakmi Jawa Pak Rebi yang menjadi salah satu bakmi jawa di Semarang yang juga cukup direkomendasikan.Bakmi Jowo Pak Rebi berlokasi di Jalan Menteri Supeno 11 A Kelurahan Mugassari berdekatan dengan SMAN 1 Semarang. Untuk jam operasionalnya, tempat makan satu ini buka mulai pukul 11:30 siang sampai jam 12:00 malam.

Bakmi Jawa Pak Rebi ini juga memiliki resep racikannya sendiri yang membuat rasa Bakmi Jawa Pak Rebi ini terasa berbeda. Sedangkan, untuk campurannya hampir sama dengan bakmi jawa lainnya yakni sayuran seperti tomat, kol, sawi hijau,kekian dan suwiran ayam. Seperti warung bakmi pada umumnya, disini juga menyajikan berbagai menu pilihan seperti seperti bakmi rebus, bakmi goreng, nasi goreng, nasi ruwet, bihun goreng, bihun rebus dan ada juga sate bakar ayam sebagai menu pendamping.

  1. Pak Ateng

Lokasi menyantap bakmi jawa lainnya yang bisa dikunjungi adalah Bakmi Jawa Pak Ateng.

Tempat menikmati bakmi ini berada di Jl.Ki Mangunsarkoro, Karangkidul, lokasinya dekat dengan Stadion Diponegoro. Tempat ini buka mulai pukul 5 sore sampai tengah malam.
Namun saat berkunjung ke sini Anda harus siap-siap untuk mengantre lama. Hal yang menjadi ciri khas dari Bakmi Jawa Pak Ateng ini adalah penggunaan anglo yang menggunakan arang, sehingga ini juga
mempengaruhi rasanya yang lebih nikmat dan harum. Dengan cara masak seperti ini Bakmi Jawa Pak Ateng pun memiliki citarasanya sendiri. Untuk porsi Bakmi Jawa Pak Ateng sendiri juga termasuk cukup
besar sehingga Anda juga akan cukup kenyang makan makan satu porsi bakmi jawa ini.

  1. Pak Trisno

Bakmi Jowo Pak Trisno berlokasi di Jalan Bulustalan 5 No 671. Warung satu ini juga menyuguhkan bakmi dengan beragam cara pengolahan. Tapi selain itu ada pula menu lainnya yang bisa dimikmati.

Sebut saja nasi goreng, bihun goreng, cap jay goreng dan lain-lain. Tempat ini buka mulai dari pukul 05:00 sore sampai 11:00 malam. Harganya pun tergolong murah dengan porsi yang memuaskan.

Seperti warung bakmi pada umumnya, disini juga menyajikan berbagai menu pilihan seperti seperti bakmi rebus, bakmi goreng, nasi goreng, nasi ruwet, bihun goreng, bihun rebus dan ada juga sate bakar ayam sebagai menu pendamping.

Penulis: Rifka Safira