Mie Des (Mie Pedas)

Kuliner

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Miedes adalah kuliner khas Jogja tepatnya berada di daerah Pundong Bantul.Miedes ini terbuat dari sari Ketela, hal inilah yang membuat Miedes ini beda dengan yang lainnya.

Mie yang super lezat dan mempunyai tekstur yang sangat kenyal, pedasnya Mie ini dihasilkan dari Cabai kering yang dibuat untuk campuran bumbunya,rasa gurih Mie ini dihasilkan dari campuran Ebi.

Hal inilah yang membuat mie ini unik dan sangat lezat.

Miedes (mie pedas)  ini paling cocok di santap ketika cuaca yang dingin ataupun ketika hujan, citarasnya yang hangat di tubuh dan pedas yang memanjakan lidah penikmatnya dan tekstur mienya yang khas dan kenyal.

Tapi tenang saja bagi orang–orang yang bukan pencinta kuliner pedas, mie ini juga mempunyai miedes kuah atau  yang mempunyai rasa gurih.

Yang membuat Miedes (miepedas) ini berbeda dengan Mie yang ada diluar sana selain dari bentuknya yang lebih besar dan teksturnya yang kenyal sekali,Mie ini juga masih dibuat dengan alat yang sangat sederhana,

Mie ini masih di potong menggunakan pisau belum degan mesin pembuat Mie.

Bagi orang–orang yang kurang suka dengan kuliner yang berkuah Miedes ini mempunyai dua varian yang pertama Miedes kuah dan yang kedua Miedes goreng.

Disini dalam satu porsi miedes di bandrol dengan harga Rp.8.000 dan Miedes goreng di bandrol dengan harga Rp.8.000.

Warung Miedes ini banyak di jumpai didaerah Bantul di sekitar jalan parangtritis, apabila anda berkunjung ke Jogja, pastikan anda mencicipi kuliner Miedes ini.

(Red/penulis: Beni Setyawan prodi PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )