Pallubasa Sop Jeroan Khas Makassar

Kuliner

KORANBOGOR.com-Kota Makassar memiliki beragam sajian kuliner sup daging yang tak hanya Coto Makassar, tetapi ada juga pallubasa. Jika dilihat sekilas, pallubasa terlihat mirip dengan sup daging rempah pada umumnya. Namun, pallubasa memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari olahan daging lain.

Pallubasa merupakan sup yang terbuat dari jeroan sapi yang telah direbus lama. Pallubasa sendiri diambil dari bahasa Makassar, yaitu pallu artinya makanan dan basa artinya basah. Pallubasa berarti makanan berkuah.

Pallubasa memiliki cerita unik di balik pembuatannya. Konon, pallubasa merupakan hidangan yang disajikan bagi para buruh pekerja, karena sup ini terbuat dari bahan jeroan sapi yang dijual dengan harga yang murah. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa kuliner lezat ini menjadi makanan favorit para buruh pekerja.

Jika dilihat sekilas, tampilan pallubasa mirip dengan coto Makassar. Keduanya sama-sama berbahan daging dan jeroan kerbau atau sapi. Namun perbedaannya, kuah pallubasa lebih kental dan berwarna kecokelatan. Selain itu, disajikan dengan tambahan serundeng dan kuning telur mentah. (red)