Pecinta Es Krim?Inilah 5 Tempat Es Krim di Semarang yang Rasanya Bikin Ketagihan!

Kuliner

KORANBGOR.com, SEMARANG- Siapa yang bisa menolak kenikmatan dingin es krim? Kuliner yang satu ini memang menjadi favorit apalagi jika disantap saat siang hari yang terik.

Kombinasi rasa manis, menyegarkan dengan berbagai hiasan membuat es krim begitu digilai oleh anak-anak, sampai dengan orang dewasa. Semarang yang memiliki cuaca yang cukup panas, merupakan salah satu tempat yang cocok untuk merasakan nikmatnya es krim.

Berikut 5 Tempat Es krim di Semarang yang wajib kamu
kunjungi.

  1. Es Pankuk Pak Yono

Es Pankuk Pak Yono berbeda dengan pancake es krim kebanyakan. Selain es nya yang masih merupakan es krim tradisional, tampilannya juga lain.

Umumnya pada Pancake es krim, es akan ditaruh diatas lembaran pancake dan ditambahkan aneka toping. Es pankuk Pak Yono disajikan dengan
sederhana. Tiga scoop es krim ditemani oleh irisan roti tawar, agar-agar dan pankuk yang dipotong- potong tipis. “Pankuknya itu yang diiris tipis kecil-kecil. Kalau biasanya kan pankuk bulat.

Dulu awalnya karena saat pertama kali jualan belum ada alat mixer dan mengaduknya pakai tangan jadi adonannya tipis, akhirnya dipotong tipis-tipis saja kaya sekarang,” ujar Lilik Bimantoro,Pemilik Warung Es Pankuk
Pak Yono.Warung Es Pankuk dan Gado-Gado Pak Yono terletak di Jalan Tanjung, tepatnya di belakang Gedung PLN Jalan Pemuda.

Warung ini buka dari pukul 10.30 hingga 16.30. Di sini ada berbagai rasa es putar yaitu alpukat, cokelat, durian, dan kelapa. Pembeli bebas memilih 3 dari 4 varian rasa es putar yang tersedia. Meski dibuat secara tradisional, tidak menghilangkan rasa buah didalamnya. Ditambah dengan gurihnya irisan pankuk, roti dan agar-agar, membuat kombinasi rasa yang lezat begitu es krim ini disantap. Untuk satu porsi es pankuk dihargai Rp 14000.

  1. Mondo Gelato

Di Semarang kini mulai banyak bermunculan kedai yang menyediakan gelato alias es krim khas Italia, yakni es krim yang memiliki tekstur lebih lembut dari es krim biasanya.

Salah satunya Mondo Gelato yang terletak di Jalan Singosari Raya No. 9, Wonodri, Kota Semarang.
Kedai Mondo Gelato ini buka mukai pukul 11.00 hingga 22.00.

“Ini pertama kali saya ke sini, enak tempatnya buat foto dan nongkrong, es krimnya tentu juga enak,” jelas Ghevira Nida, salah satu pengunjung Mondo Gelato. Tempat tersebut menyediakan lebih dari 38 varian rasa gelato yang patut untuk dicoba.

Pengunjung bisa memilihberbagai macam rasa, dari yang standar hingga yang kekinian, seperti rasa oreo, snicker, nutella,dan matcha. Namun yang paling istimewa disini adalah rasa vanilla charcoal, selain itu rasamatcha dan caramel juga sering dipesan oleh para pengunjung.

Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 80 ribu. Untuk wadah cone dengan ukuran 4 Oz harga nya yakni Rp 25 ribu, sedangkan untuk ukuran 4 Oz bukan cone harganya Rp 20 ribu.

  1. Mary Anne’s Artisan Ice Cream

Mary Anne’s Artisan Ice Cream menyediakan es krim homemade, tanpa bahan pengawet dan bahan pemanis serta pewarna buatan, sehingga produknya menggunakan bahan- bahan alami. Penggunjung dapat menikmati 60 jenis varian es krim yang unik dan menggoda

selera. Lokasinya berada di Jl. Rinjani No.10 D, Gajahmungkur, Semarang. Restoran ini buka darijam 10 pagi hingga 12 malam, dan khusus weekend tutup hingga jam 1 pagi.

Beberapa varian es krim yang tersedia diantaranya rasa durian, nutella, mint, oreo,brownies, green tea, milo, kurma, rasa teh tarik, kitkat, almond crunch, popcorn caramel danmasih banyak lagi.

Menu yang paling banyak dipesan adalah es krim Three Muskeeter yang terbuat dari Nutella, Skippy Nut Jam, dan juga Cheese yang di scooped ke dalam waffle cone homemade yang renyah dan gurih.

  1. Es Puter Cong Lik

Es puter legendaris ini jadi buruan wisatawan kalau ke Semarang. Ditambah dengan daging durian, siwalan hingga irisan roti tawar. Penasaran dengan rasanya?

Es puter disebut juga dengan es dung dung. Ini menjadi salah satu dessert asal Indonesia yang berbahan santansebagai pengganti susu. Tekstur dari es puter ini agak kasar dengan sensasi rasa manis dengan semburat agak asin.

Di Semarang, ada kedai es puter terkenal yang berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan A No. 11, Semarang Tengah, Karangkidul. Seporsi es ini berisi beberapa scope es puter,dua buah irisan roti, biji mutiara dan kelapa. Esnya masih dibuat secara manual untukmendapatkan rasa dan tekstur yang autentik.

Es Puter ini disajikan dengan aneka varian rasa seperti coklat, alpukat, kelapa dan durian.

Imam Suwarto, pemilik warung Es Cong Lik mengungkapkan, selain empat varian rasa tersebut masih ada beberapa varian lainnya.

“Yang pasti ada memang empat itu, kadang kalau lagi bulan puasa atau hari besar, ada tambahan seperti nangka, sirsak, leci, kelengkeng, kacanghijau dan blewah,” ujar Suwarto.

Seporsi es puter ini dibandrol dengan harga Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Warung Es Puter Cong Lik ini buka pada sore hingga malam hari yaitu pukul 18.00 hingga 24.00.

  1. Ice Cream Florian Semarang

Ice Cream florian merupakan salah satu kedai es krim paling legend di Semarang yang sudah berdiri sejak 1980, karena citarasa otentik ala old fashioned ice cream membuatnya masih banyak diburu oleh para pecinta es krim bahkan hingga saat ini.

Toko ini berada di Jl. Letnan Jenderal MT Haryono, No. 571-A, Karangkidul, Semarang dan mulai buka mulai pukul
10.00 hingga 23.00.

Beberapa rasa es krim homemade yang bisa dipilih di antaranya yaitu vanilla, chocolate, mocca, kopyor, tutti frutti, durian, rum & raisins, dan masih banyak lagi.

Es Krim Florian tak hanya disajikan sendiri, namun juga dengan kombinasi aneka kue serta aneka buah-buahan, misalnya saja varian Es Krim Fruit Combi yang memadukan es krim dengan buah-buahan seperti halnya lecy, stroberi, anggur. Satu porsi Ice Cream Florian dibandrol dengan harga Rp35.000.

Penulis: Rifka Safira