Penggoda Lidah Khas Semarang,Lumpia

0
135

KORANBOGOR.com-Mudik ke Semarang? Atau sedang berlibur ke Semarang? Jangn sampai terlewatkan, kuliner khas Semarangan. Kuliner tersebut yaitu Lumpia.

Lumpia merupakan makanan perpaduan rasa dari khas Tionghoa dan Indonesia. Mengapa begitu? Dahulu pertama kali, makanan ini di buat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah.

Lumpia merupakan makanan semacam rolade dengan isi campuran rebung, telur, daging ayam dan udang. Cita rasanya yang sungguh memanjakan lidah, manis, gurih, dan pedas berkolaborasi menciptakan rasa yang tak dapat tergambarkan.

Sentra Lumpia Semarang ada beberapa tempat. Namun ada enam keluarga atau tempat yang memiliki aliran khasnya masing – masing yang dipercaya merekalah pencetus terciptanya makanan khas Kota Semarang ini.

Yang pertama adalah Lumpia aliran Gang Lombok (Siem Swie Kiem), kedua aliran Jalan Pemuda (Siem Swie Hie), ketiga aliran Jalan mataram (Siem Hwa Nio). Ketiga aliran ini merupakan aliran dari keluarga Siem Gwan Sing – Tjoa Po Nio yang merupakan menantu tunggal dari pencipta lumpia khas Semarang ini Tjoa Thay Yoe – Wasih dan yang terahir adalah lumpia Jalan Tanggamus (Ny. Mechtildis Tyastresna Halim).

Aliran ke empat merupakan bekas karyawan dari aliran di atas, dan aliran kelima merupakan para pecinta kuliner yang mengembangkan dan mempelajari resepnya sendiri.

Dengan merogoh kocek cukup 10.000 – 25.000 rupiah saja, lidah kita akan di manjakan dengan nikmatnya seporsi Lumpia Spesial Khas Semarang. Makanan khas ini juga cocok sebagai buahtangan untuk keluarga. (Red/DF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here