Resep Cara Membuat Toppa Lada

Kuliner

KORANBOGOR.com-Daging sapi memang identik dengan Toppa’ Lada bagi sebagian masyarakat di Sulawesi Selatan. Kuliner yang rasa dan tampilannya itu menggugah selera dengan warna merah kecoklatan berasal dari daging segar yang dibalut merahnya cabai serta bumbu lainnya.

Cara Membuat Toppa Lada

Untuk membuat kuliner ini ternyata tidak begitu sulit. Hasmawati berbagi resep dengan Tagar bagaimana membuat sajian Toppa’ Lada yang nikmat, empuk dan enak.

“Misalnya ada daging sapi 500 gram, diiris-iris pipih selebar 2 x 2 sentimeter, tebalnya cukup 10-15 millimeter ini biar dagingnya tidak alot digigit,” kata Hasmawati.

Potongan daging yang tebal tidak begitu dianjurkan karena akan mengurangi kenikmatan saat mengunyah. Selain itu potongan daging berbentuk pipih memang salah satu ciri khas dari Toppa’ Lada.

Adapun bumbu yang digunakan antara lain bumbu yang dihaluskan bawang merah, bawang putih, lengkuas, sereh, jinten, ketumbar kecap manis, cabai merah, cabai keriting. Bahan tambahan yakni daun salam, daun jeruk, air asam jawa dan santan kental.

Semua bumbu halus ditumis hingga harum. Setelah aromanya keluar masukkan bumbu tambahan. Gunakan spatula untuk mengaduk lalu masukkan daging sedikit demi sedikit.

“Setelah daging masuk semua tambahkan sedikit air ukurannya sampai setengah senti melewati daging. Lalu di masak dengan api sedang sampai airnya berkurang, dan bumbu benar-benar meresap,” kata Hasmawati.

Resep tersebut kata Hasma akan menghasilkan sajian Toppa’ Lada khas Sulawesi Selatan dengan sensasi yang menggugah selera makan.

“Resep itu yang selalu saya gunakan dan keluarga sangat suka,” katanya. (Red)