Resep Masak Sop Kambing

Kuliner

KORANBOGOR.com-Sekarang mari kita mulai mengolah resep masak sop kambing ini. Pertama-tama potong terlebih dahulu iga kambing menjadi berukuran 5 cm.

Kemudian masukan potongan-potongan iga tersebut ke dalam panci, lalu tuangi dengan air, beri jahe, dan garam. Masak bahan-bahan tersebut dengan menggunakan api sedang sampai mendidih.

Setelah mendidih kecilkan apinya, tutup panci tidak rapat dan masak sampai daging empuk.Apabila sudah empuk,saring kaldu sekiranya 1,2 liter.

Masak kembali iga tersebut, tapi jika cairannya berkurang silahkan Anda tambah lagi dengan menggunakan air mendidih secukupnya.

Selanjutnya panaskan minyak secukupnya dalam wajan untuk menumis. Lalu tumislah bumbu halusan sampai mengeluarkan aroma wangi.

Jika sudah wangi, masukan bahan-bahan seperti cengkeh, pala, dan kayu manis kedalam tumisan tersebut.

Jika tumisan tersebut sekiranya sudah matang dan harum, tuangkan ke dalam air rebusan daging iga sapi tadi. Teruskan pemasakan daging iga sapi tersebut dengan menggunakan api sedang.

Apabila sudah mendidih, kecilkan api dan masukan daun bawang sekaligus tomat, masak sebentar sampai layu kemudian angkat.

Sekarang, tuang sop tersebut ke dalam mangkuk saji bersama dengan dagingnya. Kemudian taburi diatasnya dengan bawang goreng dan seledri iris. Sajikan sop lezat tersebut selagi masih hangat bersama dengan jeruk limau dan emping goreng.

Sop iga kambing kuah bening ini sangat nikmat jika dikonsumsi bersama dengan sepiring nasi putih.

Namun pada momen lebaran, sop ini juga sangat pas disajikan bersama dengan ketupat yang memang banyak dibuat saat lebaran.(REd)