Ribuan Warga Ibukota Hadiri Puncak Acara Lebaran Betawi Di Monas

Kuliner

KORANBOGOR.com.com,JAKARTA-Masyarakat Ibu Kota menghadiri hari terakhir Lebaran Betawi yang diadakan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (21/7/2019). Pada tahun ini, acara tersebut mengusung tema “Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia”.

Berdasarkan pantauan iNews.id, arus lalu lintas di sekitar kawasan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, sudah terlihat macet dan sangat padat dengan kendaraan.

Bahkan, warga yang tak bisa memarkirkan kendaraan di lahan milik gedung-gedung sekitar kawasan tersebut terpaksa harus menaruh sepeda motor mereka di atas trotoar.

Sementara, kawasan IRTI Monas sudah dipenuhi lapak makanan dan sangat ramai dengan pengunjung.

Banyak juga kendaraanyang diparkir di kawasan tersebut. Di bagian halaman Monas, terlihat banyak tenda didirikan.

Dalam acara Lebaran Betawi tahun ini, masing-masing pemerintah kota administrasi di Jakarta juga mendirikan anjungan untuk memamerkan karya-karya warga mereka.

Salah satu warga Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Ahmad Muzaki mengatakan, dia dan keluarganya sengaja datang ke Monas karena penasaran dengan Lebaran Betawi tahun ini. Pasalnya, acara itu biasanya diadakan di kawasan Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

“Lebih ke penasaran sih datang ke sini. Biasa saya ke Setu Babakan, jadi sekalian ajak anak-anak juga sekalian CFD (car free day) kan,” kata Muzaki kepada iNews.id di Monas, Minggu (21/7/2019).

Susana penuh sesak pun terlihat tatkala warga yang hendak berswafoto dengan latar rumah betawi harus rela mengantre panjang.

Beberapa warga bahkan rela duduk di atas rumput dan tanah merah bersama sanak keluarga saking ramainya manusia yang datang ke Monas hari ini.

Terdapat panggung utama tepat di depan pusat Lapangan Silang Monas. Namun sayang, jumlah toilet umum portable yang tersedia masih minim, sehingga warga yang hendak ke kamar kecil pun harus mengantre panjang.

Lebaran Betawi ke-12 dimeriahkan dengan beragam acara yang mengandung unsur kesenian khas Betawi. Sejumlah pertunjukan khas daerah Ibu Kota seperti tanjidor, gambus, marawis, ondel-ondel, Palang Pintu, tarian betawi, atraksi silat betawi, Gambang Kromong, hingga lenong bakal meramaikan acara tahunan itu. (red)