Tempat Makan Murah dan Enak di Yogyakarta? Ya Burjo

Bogor Now Kuliner

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Burjo adalah singkatan dari Bubur Kacang Ijo. Mendengar namanya pasti kita langsung berfikiran bahwa tempat makan itu hanya menjual bubur kacang ijo.

Namun di dalam Burjo tersebut tidak hanya menjual bubur kacang ijo saja, banyak makanan yang dijualnya, seperti Mie dok-dok, Magelangan, Nasi goreng, dan banyak makanan lainnya.

Tempat makan ini sangat hits di Yogyakarta dan paling disukai oleh kalangan mahasiswa. Hal yang membuat Burjo banyak diserbu oleh mahasiswa adalah harganya yang murah dan makanannya yang enak membuat banyak mahasiswa makan di Burjo tersebut.

Makanan yang paling banyak diminati adalah berbagai macam olahan mie, seperti mie goreng, mie rebus dan mie dok-dok.Mie goreng dan Mie rebus sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Namun yang membuat burjo berbeda adalah mereka menjual mie dok-dok. Mie dok-dok adalah mie dimasak dengan kuah kental yang enak.

Ditambah dengan topping telur, sosis, bakso, dan sayuran.Kuahnya yang kental membuat sensasi tersendiri yang membuat badan kita menjadi hangat.

Kita juga dapat meminta level kepedasan mie dok-dok tersebut. Harga mie dok-dok pun tergolong murah hanya Rp10.000/porsi. Mie dok-dok sangat cocok dimakan pada suasana yang dingin. 

Makanan yang lain tentunya tidak kalah enak, seperti magelangan. Magelangan adalah nasi goreng tetapi dicampur dengan mie goreng.

Di dalam Magelangan ini kita mendapatkan dua sensasi makan yang berbeda, antara Nasi goreng dan Mie goreng yang dicampur menjadi satu.

Ditambah dengan berbagai macam topping seperti sosis dan bakso membuat magelangan memiliki banyak varian rasa. Magelangan juga salah satu makanan favorit di kalangan mahasiswa. Harga magelangan pun hanya Rp10.000/porsi. 

Selain makanan diatas, burjo juga menjual berbagai macam makanan dan minuman lainnya. Makanan yang dijual seperti nasi ayam, telur, bandeng, dan sarden. Harganya pun relatif murah berkisar Rp8.000 sampai Rp12.000 per porsi.

Tidak perlu susah payah mencari Burjo di Yogyakarta, karena hampir di setiap lokasi terdapat Warung Burjo. 

Keberadaan Warung Burjo ini tidak hanya menarik karena keberadaannya bisa dibilang sudah menandingi angkringan yang menjadi ciri khas kota Yogyakarta. Saya juga menjadi salah satu pelanggan dari Warung Burjo ini. Menu favorit saya adalah Mie dok-dok. Jika ke Yogya, jangan lupa untuk mampir ke Warung Burjo di tempat terdekat.

(red/Intan Fikri Ahzamy. Status: Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)