Wisata ke Yogyakarta? Jangan Lupa Mencoba Sate Klathak

Kuliner

KORANBOGOR.,com,YOGYAKARTA-Yogyakarta selain terkenal dengan sebutan “Kota Pelajar”, kota ini juga memiliki banyak tempat wisata dan banyak tempat kuliner.Salah satu dari banyaknya makanan yang terkenal di Jogja yaitu Sate Klathak.

Sate Klathak yang sangat terkenal yaitu sate Klathak yang berada di Dusun Jejeran Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul,makanan khas Dusun Jejeran yang terbuat dari daging kambing muda yang di panggang dengan arang yang suaranya sangat khas. 

Sate Klathak sendiri merupakan kuliner legendaris sejak tahun 1946 pendirinya simbah Ambyah dan diteruskan oleh anak-anaknya dan resepnya sudah turun temurun.

Kenapa bisa di namakan sate Klathak? Karena suara percikan arang yang berbunyi (kemretek). Bumbu utama dari sate Klatak hanya bawang putih dan garam saja.

Yang membuat unik dari sate Klathak ini adalah satenya ditusuk dengan menggunakan jeruji sepeda.Makan sate Klathak akan bertambah nikmat apabila makannya ditambah dengan menu lain yaitu seperti Tongseng ataupun Kronyos. 

Dulumya sate Klathak di perjual belikan hanya dengan jalan kaki saja. Namun seiring perkembangan jaman sate Klathak sekarang sudah menetap, jika anda ingin menikmati sate Klatak anda bisa datang di jalan Imogiri Timur tepatnya disana banyak sekali penjual sate Klatak.

Saat musim libur tiba banyak sekali pengunjung luar daerah yang menikmati sate Klatak, yang paling terkenal di sana adalah sate Klatak Pak Pong, kalau kalian mau cari tempat sate Klatak yang agak beda suasananya ada ditengah Pasar ada juga sate Pak Bari, harga perporsi sate Klatak yaitu Rp.25.000 sudah termasuk minum dan nasi, sedangkan menu lainnya seperti Tonseng, Gulai, ataupun Tengkleng kisaran harga Rp.15.000.

(Red/ Jangka Dausat dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )