Mengenal Pesona Gunung Kembang

Bogor Now Wisata

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Gunung Kembang merupakan salah satu gunung yang banyak di lirik oleh berbagai wisatawan,mulai dari wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara karena menyimpan sejuta keindahan yang yang luar biasa dan tak teruaraikan dengan kata – kata.

Gunung kembang berada di Wonosobo,tepatnya di Dukuh Blembem, Kaliurip,Kertek Wonosobo, Jawa tengah.

Gunung kembang sendiri memiliki ketinggian sekitar 2320 mdpl. Untuk mendaki Gunung Kembang terdapat aturan khusus yang harus di patuhi oleh wisatawan maupun para pendaki,contohnya untuk para pendaki harus sehat jasmani maupun rohani,membawa obat pribadi,wadah air putih menggunakan dirigen yang sudah disiapkan dari base camp,tidak boleh membawa makanan kaleng,tidak boleh membawa korek api, dan tidak boleh membawa botol plastik,alasannya yaitu demi terciptanya kebersihan dan keasrian Gunung Kembang tetap terjaga.

Untuk mencapai puncak dari Gunung Kembang Wisatawan harus menempuh 7 pos, diantaranya yaitu : pos pertama adalah pos istana katak di pos istana katak melewati hamparan kebun teh,pos yang kedua adalah pos kandang celeng, dinamakan pos kandang celeng sendiri karena pos inilah gerbang untuk masuk ke hutan gunung kembang dan terdapat banner “ selamat datang di kandang celeng” ketika mulai memasuki gerbang tersebut mulailah nampak celeng atau babi- babi berkeliaran. Selanjutnya pos yang ke tiga adalah pos liliput,pos ke empat pos simpang tiga,pos ke lima pos akar,karena banyak pohon yang akarnya bergelantungan,selanjutnya pos keenam adalah pos sabana, dan yang terakhir adalah tanjakan mesra. Salah satu yang menarik di Gunung Kembang  adalah tanjakan mesra.

Mungkin di benak kita yang terpikirkan dengan tanjakan mesra yaitu tanjakan yang dapat dilewati dengan sangat mudah dan di lalui dengan mesra atau mulus,namun tidak semudah itu,tanjakan mesra di Gunung Kembang inilah yang menjadikan keunikan sendiri karena tanjakan yang cukup menantang dengan hampir kemiringan 90° dan dengan jalan yang tidak rata, itu yang membuat sensasi yang luar biasa.

Walaupun Gunung Kembang dengan ketinggian dibawah 3000mpl namun dengan adanya tanjakan mesralah yang membuat semakin tertantang. Dengan istilah lain Gunung Kembang sendiri “ kecil – kecil cabe rawit”. 

Sampai di Puncak Gunung Kembang, rasa lelah pendakian terbayarkan dengan pesona keindahan pemandangan Gunung Kembang yang menakjubkan dan luarbiasa. Rasanya mata tak mau berpaling untuk menikmati keindahan yang disuguhkan.

Dari puncaklah kita juga dapat menikmati dan menyaksikan beberapa gunung, seperti gunung Sindoro, Sumbing, Prau dan lainya. Rasa takjub tak henti – hentinya terucap menyaksikan betapa indahnya pesona yang di suguhkan oleh Gunung Kembang.

(Red/penulis: Meilinda Dwi H ( Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)