Mengenalkan Budaya Cap Go Meh Kota Singkawang

Bogor Now Wisata

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Kota Singkawang berada di provinsi Kalimantan Barat dengan ibu Kota Pontianak. Kota Singkawang merupakan Kota Toleransi,Kota Singkawang juga di kenal dengan kota Seribu Kelenteng yang merupakan kota yang sudah banyak dikenal oleh banyak wisatawan dalam ataupun luar negeri.

Dengan budaya Cap Go Meh yang menjadi sebuah tradisi Budaya Tionghoa, Cap Go Meh selalu diadakan setiap tahun tepatnya pada saat 15 hari setelah hari Tahun Baru Imlek.

Festival Cap Go Meh setiap tahunnya sangat meriah, sehingga membuat banyak orang penasaran dan tertarik untuk ikut serta ataupun menonton Festival Cap Go Meh. 

Tidak sedikit orang yang datang ke Kota Singkawang hanya untuk menyaksikan langsung perayaan Cap Go Meh, ada beberapa wisatawan yang datang bukan hanya orang Indonesia melainkan luar negeri.

Perayaan Cap Go Meh yang menampilkan pertunjukan dari Pawai Tatung, Festival Lampion, Ritual sembahyang dan lainnya yang merupakan budaya yang ada di Kota Singkawang. 

Pertunjukan Pawai Tatung yang sangat di tunggu banyak kalangan dari wisatawan dan Photografer untuk mengabadikan moment.

Festival Fampion  dan Pawai Tatung yang berkali-kali memecahkan rekor MURI disetiap tahunnya. Terakhir Kota Singkawang menampilkan 20.607 Lampion yang digantung, Pawai Tatung yang berpartisipasi sebanyak 1.145, Gerbang Cap Go Meh terbesar dan dilengkapi patung replika 12 Shio saat Hari Tahun Baru Imlek tahun 2019. 

(Red/penulis: Annisa Juli Febrianti dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )