PENAMBANGAN BATU YANG DISULAP MENJADI TEMPAT WISATA TEBING BREKSI

Bogor Now Wisata

KORANBOGOR.com,SLEMAN – Tebing Breksi merupakan tempat wisata destinasi yang paling populer di wilayah kabupaten Sleman,tepatnya di Desa Sambirejo,Kecamatan Prambanan. 

Kecantikan dan keindahan tebing breksi ini menjadikan wisata kekinian yang mampu menarik perhatian turis domestik maupun mancanegara.

Sebelum menjadi tempat wisata, tebing breksi hanyalah tebing-tebing bebatuan.Tidak ada kecantikan dan keindahan yang menarik para wisatawan karena hanya tampak alam liar yang dieksploitasi manusia dengan cara penambangan.

“ Dulu tempat ini hanya batu-batuan akibat dari endapan abu vulkanik gunung api purba, lalu tempat ini digunakan oleh warga sekitar untuk kebutuhan ekonomi yaitu sebagai pekerjaan pokok dengan menambang batu.

Namun pada waktu itu sempat penambangan ini diberhentikan kemudian ditutup oleh pemerintah dan menjadi terlantar, kata Bapak Suyanto sebagai warga yang ikut mengelola tebing breksi.

Setelah penutupan penambangan tersebut, kata Suyanto bahwa warga sekitar berfikiran kawasan ini layak untuk dijadikan tempat wisata.

Karena dulu waktu pemberhentian penambangan banyak warga sekitar setiap sore berdatangan untuk menikmati pesona alam dari puncak tebing breksi.Dari situlah dimulainya bahwa tebing breksi merupakan kawasan layak untuk tempat wisata.

Pada tahun 2015 tepatnya dibulan Mei, Tebing Breksi ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai tempat wisata baru di Jogja.

Obyek wisata ini pernah mendapat  juara pertama Anugerah Pesona Indonesia kategori Obyek Wisata Baru Terpopuler Kementerian Pariwisata tahun 2017.

Sangat banyak potensi yang dimiliki oleh Tebing Breksi yaitu potensi wisata alam yang dimilikinya, diantaranya adalah pemandangan dinding tebing dengan ornamennya.

Itulah yang menjadikan salah satu potensi utamanya, sehingga tebing ini menjadi sangat menarik untuk dikunjungi.Mungkin bisa dikatakan bahwa orang yang mengunjunginya wajib berfoto dengan latar tebing tersebut.

Selain itu yang membuat wisata Tebing Breksi ini menarik adalah dari pihak pengelola yang banyak menyediakan spot-spot foto yang terdapat di puncak tebing.

Dari puncak tebing pun para wisatawan dapat menikmati keindahan alam. Selain itu juga ada mobil Jeep untuk tur wisata ke lokasi-lokasi wisata lainnya dan tak hanya itu, pengelola juga menyediakan jasa foto dengan Burung Hantu. 

Seiring berjalannya waktu,tempat wisata Tebing Breksi ini dilengkapi dengan fasilitas yang membuat pengunjung semakin tertarik dan nyaman untuk berwisata disana. Seperti telah dibangunnya Cafe, Mushola, banyak kamar mandi dan dilengkapi dengan Wifi. 

LAMPIRAN :

Sumber wawancara dari Bapak Suyanto selaku warga sekitar yang ikut serta mengelola/membangunTebing Breksi.

  1. Bagaimana asal mula bisa terjadinya tebing breksi untuk tempat wisata?
  2. Siapa yang mengelola/membangun tebing breksi?
  3. Kapan tebing breksi ini dijadikan sebagai tempat wisata?
  4. Dimana letak wisata tebing breksi?
  5. Mengapa bisa dijadikan tempat wisata?
  6. Apa yang membuat tebing breksi ini banyak dikunjungi para wisatawan ?
D:\New folder\tugas Almeida\kuliyeah\New folder\IMG_2152.JPG

Cafe Tebing Breksi

(Red/ lmeida NurmalasariNim: 2018015229Status: Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )