PENGERAJIN TOPENG DI DESA BUBONG

Wisata

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Suyatno adalah salah satu dari sekian banyak pengerajin topeng yang berada di Desa Wisata Bubong. Desa wisata bubong terletak di Bubong, Putat, Patuk,Gunungkidul, Yogyakarta.

Sebagian besar warga yang tinggal didaerah tersebut adalah sebagai pengerajin Topeng bahkan anak-anak Pundengan mandiri  ikut serta dalam pembuatan Topeng tersebut.

Suyatno sudah dari kecil menjadi seorang pengrajin Topeng. Menurutnya menjadi pengrajin Topeng adalah suatu kebanggaan bagi dirinya untuk meningkatkan pendapatan didesa mereka.

Dengan menjadi pengerajin Topeng Suyatno berhasil mencukupi kebutuhan ekonominya. 

Menurut Suyatno awal mula dari adanya topeng didesa Bubong berasal dari Geduro. Geduro adalah desa yang terletak tidak jauh dari desa wisata Bubong. Waktu itu Topeng hanya digunakan untuk kesenian tari saja.

Kemudian lama kelamaan didesa Bubong Topeng dikembangkan menjadi Soufenir dan Hiasan atau Gantungan Kunci dan sampai sekarang masih berkembag pesat. 

Bahan yang digunakan untuk membuat topeng adalah kayu Pule, dan kayu Sengon. Kayu Sengon dibuat hiasan seperti Gantungan Kunci, Patung dan wayang Golek.

Sedangkan kayu Pule biasanya digunakan untuk kerajinan topeng. Khusus kayu Pule sangat baik untuk dibuat topeng karena pori-porinya halus dan padat sehingga lebih mudah untuk dibuat motif batik karena lunak bahannya. 

Untuk pemasaran Suyatno cukup menyetorkan hasil kerajinanya kekota Jogja dan Kasongan. Menurutnya kendala pada saat ini adalah cara mencari bahan kayu Pule yang sudah mulai langka didaerah mereka.

Warga desa wisata bubong sudah melakukan pencegahan dengan cara menanam kayu Pule, namun kayu Pule dapat dipanen atau digunakan setelah 50 tahun kedepan. Sehingga mereka harus mendatangkan kayu dari luar daerah mereka. 

(Red/ Feri Wahyu Prasetiya Mahasiswa dari Prodi PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )