PESONA PANTAI PARANGTRITIS

Bogor Now Wisata

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-KOTA Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki banyak destinasi wisata. Baik dari wisata kuliner,Batik, Kraton, Pembelanjaan dan Pantai.

Di Yogyakarta juga memiliki daya tarik tersendiri, baik dari segi sejarah, kebudayaan,maupun kepercayaan.Contohnya pantai Parangtritis yang terletak di bagian selatan Yogyakarta.

Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perjalanan menuju pantai Parangtritis memakan waktu kurang lebih satu jam dari pusat kota Yogyakarta.

Jalan yang ditempuh cukup memadai dan tidak terlalu rumit karena sudah beraspal dan ambil rute jalan melalui jalan Parangtritis,ikuti arah tersebut kearah selatan.Ketika hampir tiba di pantai kita melewati jembatan yang bernama Jembatan Kretek.

Dari jembatan Kretek lanjutkan saja perjalanan ke selatan hingga menemukan TPR atau Tempat Pemungutan Retribusi.Tiket masuk untuk memasuki kawasan pantai Parangtritis Rp 10.000,00 kemudian dari TPR lurus saja kearah selatan terus kurang lebih 10 menit disebelah barat sepanjang jalan Parangtritis terdapat banyak sekali petunjuk ke pantai Parangtritis langsung masuk saja kemudian parkir.Biaya parkir untuk motor Rp 3.000,00 dan untuk mobil Rp 5.000,00.

Disepanjang pantai Parangtritis terdapat berbagai macam oleh-oleh khas, seperti baju pantai, souvenir, aneka makanan seafood dan masih banyak lagi.

Banyak para penjual kain pantai,celana pendek untuk berenang, topi-topi pantai, dan juga kaos yang bertuliskan Pantai Parangtritis ataupun Parangtritis Beach dari ukuran anak-anak hingga dewasa.

Untuk harganya cukup bervariatif, dan tentunya besar kecilnya harga ditentukan dari cara kita menawar pada si penjual.

Tidak hanya itu, untuk memanjakan mata kita akan banyak menemukan souvenir dengan bahan-bahan dari kulit kerang. Contohnya gantungan kunci, tirai, bros, kalung, penghias cermin, dan masih banyak lagi.

Selain itu untuk memanjakan perut kita banyak menemukan warung-warung  kecil yang menjual aneka makanan seafood, keripik jingking, undur-undur laut goreng, minuman soft drink, air kelapa, dan beberapa mie instan. 

Pantai Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang membedakan dari objek wisata lain yaitu ombak yang besar dan juga gunung-gunung pasir disekitar pantai, yang disebut gumuk.

Di sekitar pantai Parangtritis terdapat banyak sekali payung-payung besar dan berwarna warni yang dapat disewa pengunjung untuk berteduh di sekitar pantai . Selain itu juga tersedia ATV dan kereta kuda yang dapat disewa.

Pantai Parangtritis menjadi tempat yang cukup menarik untuk kamu kunjungi. Kalau main ke Jogja jangan lupa luangkan waktumu untuk mengujungi tempat wisata ini ya.

(Red/  Widia Narti dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. )