Pesona Wisata Alam Bukit Pengilon

Wisata

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Gunung kidul akhir-akhir ini tengah gencar mempromosikan tempat-tempat wisata yang di anggap baru dan masih sangat alami.Banyak sekali destinasi tempat wisata yang hari demi hari semakin bermunculan di khalayak publik. Seperti halnya Pantai Bukit Pengilon ini.

Sebenarnya Bukit Pengilon yakni sebuah bukit dengan Padang rumput yang hijau nan luas. Bukit Pengilon berada di daerah dusun Ngelo,berada di desa Balong, di kecamatan Girisubo, berada di kabupaten Gunungkidul, Kota Yogyakarta.

Bukit Pengilon merupakan perbukitan  luas yang ditumbuhi oleh rumput hijau  seperti di Padang rumput. Nama dari Bukit Pengilon ini diambil karena ada batu yang menyerupai Pengilon atau dalam bahasa Indonesianya adalah cermin.

Pantai Bukit Pengilon ini tidak seperti halnya pantai di Gunungkidul lainnya yang memiliki hamparan pasir putih yang sangat luas, namun di sini hanyalah bukit dengan hamparan rumput yang sangat hijau dan dis sisi sebelahnya adalah laut yang sangat luas.

Yang menarik dari Bukit Pengilon ini adalah suasananya yang berada di kaki dari Gunung Api Purba Batur dengan angin khas laut selatan dengan hamparan rumput hijau dan sangat cocok sekali untuk berkemah atau melakukan camping di Bukit Pengilon ini.

Perpaduan nuansa alam dan laut di sini sangat mempesona bagi setiap pengunjungnya. Walaupun jalan ke bukit pengilon medannya sangat sulit sekali, namun perjuangan para pengunjung untuk sampai ke daerah perbukitan ini tidak akan sia-sia dengan indahnya pemandangan di bukit pengilon ini.

Untuk rute bukit pengilon ini sebaiknya melalui jalur wediombo kemudian melewati jalan corblok yang kanan dan kirinya adalah ladang warga penduduk atau jika anda merasa kebingungan, anda bisa bertanya kepada warga setempat.

Mereka akan memberitahu arah menuju bukit pengilon. Setelah melewati jalur wediombo kita bisa juga melalui jalur depan balai desa Balong ke selatan melalui jalan corblok yang jaraknya kurang lebih 6 kilometer.

Diperlukan kewaspadaan ketika melewati area ini, jangan sampai terjatuh ke jurang. Perjalanan mengikuti jalan ketika akan turun ke Pantai Watu Lumbung setelah ada warung kecil, kita dapat mengambil jalur ke arah barat.

Setelah itu kita bisa bertanya kepada warga setempat untuk mendapatkan informasi mengenai jalur menuju bukit Pengilon ini. Karena hanya ada satu jalur setapak kecil yang bisa kita ikuti.

Itu adalah jalur yang harus ditempuh agar kita tidak tersasar.Dan bagi anda yang sangat senang sekali melakukan perjalanan ke alam dengan menyusuri jalanan agak terjal serta melewati hutan rimba,bukit Pengilon menjadi salah satu pilihan yang terbaik untuk menikmati keindahan alam karena tidak kalah indahnya dengan bukit-bukit lainnya.

Anda tidak akan merasa rugi ketika memutuskan untuk berlibur ke Bukit Pengilon ini. Oleh karena itu, kita sebagai generasi milenial wajib mendukung serta memperkenalkan berbagai tempat wisata yang masih tersembunyi.

Tak hanya itu, kita pun harus menjaga keindahan serta kelestarian alam ini agar dapat dinikmati pula kedepannya.

(Red/ Deviana Wahyuningsih )