Pesona Wisata Budaya &Festival Tertua Bumi Melayu Ku

Wisata

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Riau adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan.Ada bayak macam wisata budaya yang dapat dikunnjungi,

Seiring dengan berhembusnya angin reformasi telah memberikan perubahan yang drastis terhadap negeri ini, tidak terkecuali di Provinsi Riau sendiri.

Salah satu perwujudannya adalah dengan diberlakukannya pelaksanaan otonomi daerah yang mulai di laksanakan pada tanggal 1 Januari 2001. Hal ini berimplikasi terhadap timbulnya daerah-daerah baru di Indonesia.

Tidak terkecuali Provinsi Riau, terhitung mulai tanggal 1 Juli 2004 Kepulauan Riau resmi mejadi Provinsi ke 32 di Indonesia, itu berarti Provinsi Riau yang dulunya terdiri dari 16 Kabupaten/Kota sekarang hanya menjadi 11 Kabupaten/Kota. Kabupaten-kabupaten tersebut adalah;

  1. Kuantang Singingi
  2. InderagiriHulu,
  3. InderagiriHilir,
  4. Pelalawan,
  5. Siak,
  6. Kampar,
  7. Rokan Hulu,
  8. BengkalisRokan
  9. Rokan Hilir,
  10. Kota Pekanbaru,
  11. Dan Dumai.
    Sumber : http://riauprov.go.id

1.Kuantang Singingi

Salah satu kabupaten di provinsi Riau yang beribukota di Teluk Kuantan ini, memiliki puluhan objek pariwisata yang tersebar di berbagai sudut wilayah, baik yang ada di dataran tinggi maupun dataran rendah. Potensi wisata itulah yang terus dikembangkan oleh pemerintah daerah dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan menggelar event-event seni dan budaya yang rutin digelar setiap tahunnya, seperti parade sampan tradisional, Festival Pacu Jalur atau lomba dayung perahu panjang (perahu naga), serta yang lain.
Diantara puluhan objek wisata yang ada di KuantanSengingi, inilah tempat wisata favorit yang memberikan beragam sensi.

1)  Air Terjun Guruh Gemurai

sumber gambar: http://pelitariau.com
Diantara puluhan air terjun yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi, Air Terjun Guruh Gemurai terbilang salah satu air terjun yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Hal tersebut tidak lepas dari mudahnya akses untuk menuju ke lokasi yang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan.
Selain itu, di kawasan air terjun yang berlokasi di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik ini juga tersedia beberapa fasilitas bagi wisatawan seperti area parkir, kamar mandi dan toilet, mushollah serta pentas terbuka yang dapat disewa untuk menggelar event atau acara-acara tertentu.
Air Terjun Guruh Gemurai juga terdiri atas tujuh tingkat yang masing-masing tingkat memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Namun, wisatawan pada umumnya memilih menghabiskan waktu di tingkat pertama, karena selain di bagian bawahnya terdapat kolam alami yang dapat dipakai mandi dan berenang, pemandangan di tingkat pertama ini juga sangat mempesona lewat bebatuan di sekelilingnya yang dilingkupi kawasan hutan yang masih alami.

2) Air Panas Sungai Pinang

sumber gambar: http://pelitariau.com

Berlokasi di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Hulu Kuantan yang berjarak sekitar 33 km dari Kota Teluk Kuantan, sumber air panas ini cukup mudah dijangkau setelah akses jalan dari desa-desa terdekat yaitu Desa Sungai Pinang, Desa Sungai Pinang Hulu, Desa Saik Kuantan Mudik dan Desa Pebaun diperbaiki dengan dana swadaya dan dikerjakan secara gotong royong oleh masyarakat.

Tidak hanya itu, pemerintah daerah juga melakukan revitalisasi serta penataan area seluas 4 hektar serta membangun kolam-kolam baru, kamar ganti, taman, kafetaria, area parkir dan berbagai fasilitas yang lain. Lewat revitalisasi dan penataan tersebut, sumber Air Panas Sungai Pinang kini semakin menarik untuk dikunjungi.
3) Air Terjun Anak Sungai Kandi
Wisata air terjun ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Sungai Kelelawar karena lokasinya berada di Desa Sungai Kelelawar, Kecamatan Kuantan Mudik. Air terjun ini terdiri atas 2 tingkat dengan ketinggian 20 meter untuk tingkatan pertama dan 3 meter untuk tingkatan kedua.

sumber gambar: https://jalanwisata.id
Panorama yang indah dan suasana alami melingkupi kawasan sekitar lokasi, karena memang tidak begitu banyak pengunjung yang datang ke sini. Hal tersebut disebabkan karena medannya yang sulit untuk dijangkau. Setidaknya butuh perjalanan sejauh 3 km melintasi kawasan hutan karet yang hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki.
4) 4)Air Terjun Batang Koban

sumber gambar: https://sportourism.id

“Luar biasa indah!” kata itulah yang pantas untuk melukiskan keberadaan dari air terjun yang memiliki tujuh tingkat ini. Pada tingkat dasar, air meluncur dari atas ketinggian 5 meter menuju ke batu-batu besar dan terus mengalir memenuhi Sungai Batang Kuantan.

2.Indragiri Hulu
1) Taman Nasioanal Inhu
Sumber: Instagram @oliifatur_rahmad
Bagi kamu yang berkunjung ke Inhu, tidak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke taman nasional yang satu ini. Dengan hutannya yang masih lebat dan alami, serta udaranya yang masih segar, berkunjung ke sini akan jadi pengalaman yang indah, terlebih kamu datang dengan pasangan.
2) Cagar Budaya Indragiri Hulu

https://www.novriadi.com/wisata-di-rengat/Cagar Budaya Komplek Pemakaman Raja-Raja Indragiri merupakan salah satu tempat wisata sejarah di kabupaten Indragiri Hulu tepatnya berada di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, lokasi terletak sekitar 45 Km dari kota Rengat.
Komplek yang merupakan salah satu dari sekian banyak Komplek Pemakaman Raja Indragiri yang tersebar di beberapa Kecamatan di Indragiri Hulu. Di komplek Pemakaman Raja -Raja Indragiri ini terdapat Makam Raja Indragiri beserta Keluarga juga Pengikutnya.

Setelah itu ada Bukit Berbunga, objek wisata dengan keindahan alam yang mampu menyihir mata setiap pengunjung. Dari atas bukit dengan ketinggian 150 mdpl ini kamu bisa melihat keindahan alam berupa barisan pegunungan dengan hamparan pepohonan hijau yang rindang. Lokasinya yang berada di ketinggian juga membuat bukit ini memiliki suasana sejuk dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi

3) Air Terjun 86
Sumber: www.inhilnanmolek.com
Selanjutnya ada Air Terjun 86, yang masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter ini berasal dari Sungai Abang, sehingga tak mengherankan jika memiliki aliran air yang cukup deras.

4) Tamna Nasional Tesso Nilo
Bagi Anda yang ingin melihat flora dan fauna khas hutan hujan tropis, maka Anda dapat mendatangi Taman Nasional Tesso Nilo. Taman yang memiliki luas sekitar 38.576 hektare ini dihuni oleh ratusan jenis flora dan fauna.

5.Siak
1) Istana Siak Sri Indra Pura
https://www.novriadi.com/wisata-di-rengat/
Bangunan yang berbentuk dari gaya arsitektur Eropa, Arab dan Melayu ini dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin. Di sana Kamu bisa melihat beberapa koleksi kerajaan patung perunggu Ratu Wilhelmina dari Belanda dan patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari batu pualam berhiaskan berlian. Tempat wisata religi yang bisa kamu jadikan sebagai wisata terbaik di Riau

2) Kapal Kato
Lokasi: Jalan Sultan Syarif Kasim, Kp. Dalam, Kota Siak, Kabupaten Siak, Riau
Photo by @exploresiak Kapal Kato

  1. Kampar
    1) Candi Muara Takus
    Candi Muara Takus merupakan destinasi wisata paling hits di Kampar yang menjadi satu-satunya di provinsi RiauKompleks candi Muara Takus dikelilingi tembok berukuran 74 x 74 meter, di bagian luarnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer hingga pinggiran sungai Kampar Kanan. Uniknya di sekitar lokasi terdapat beberapa candi seperti candi bungsu, candi palangkan, dan Mahligai Stupa

4) Ulu Kasok
Ulu Kasok merupakan destinasi wisata hits terbaru di kabupaten Kampar dan sekilas mirip dengan Raja Ampat di Papua Barat, bahkan banyak wisatawan yang menyebutnya “raja Ampat ala Kampar”.
Objek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat pagi dan sore hari, bahkan wisatawan dari luar daerah selalu memadati tempat ini di hari libur
https://nyero.id/tempat-wisata-di-kampar-terbaru/

  1. Rokan Hulu
    1) Masjid Agung Madani Islamic Center Rokan Hulu
    https://infoanekawisata.blogspot.com/2017/01/14-objek-wisata-di-rokan-hulu.html
    Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu Merupakan Masjid Megah Dan Cantik yang terdapat Di Povinsi Riau, Masjid ini dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) untuk di gunakan sebagai tempat ibadah umat Muslim, selain itu juga menjadi obyek wisata religius di rokan hulu.
  2. Indragiri Hilir
    1) Pantai Slop
    RiauMagz.com – Pantai Solop menjadi salah satu pantai andalan Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Pantai ini terletak di Kecamatan Mandah, Desa Pulau Cawan. Pantai Solop mulai populer saat mantan Gubernur Riau Rusli Zainal merilis lagu khusus untuk tempat tersebut. Hasilnya, pantai ini kini masuk dalam peta wisata Kabupaten Indragiri Hilir dan menjadi destinasi wisata paling populer di kabupaten tersebut.

Keunikan pantai ini bisa dilihat dari pasir putihnya. Tak sama dengan pantai-pantai lainnya, Pantai Solop memiliki pasir putih atau yang lebih sering disebut dengan pasir sirsak. Pasir ini terbentuk dari fosil-fosil kerang yang sudah hancur cukup lama hingga membentuk pasir-pasir putih di tepi pantai.

2) Bukit Berbunga
Sumber: jalanwisata.id

  1. Pelalawan
  2. Ombak Bono
    sumber : worldsurfin9.blogspot.com
    Ombak Bono merupakan salah satu keajaiban alam yang ada di Pelalawan. Pemandangan ombak besar biasanya dapat kita saksikan di lautan yang amat luasOmbak Bono atau yang lebih populer dengan nama Bono Wave dikalangan peselancar dunia ini merupakan salah satu lokasi selancar terbaik dunia. Ombak yang berada di muara Sungai Kampar ini merupakan pertemuan antara arus pasang laut dan sungai.Ombak yang dikenal dengan ombak tujuh hantu ini menjadi tujuan wisata Andalan propinsi Riau.Bagi Anda yang ingin menyaksikan ombak Bono yang besar, Anda dapat datang pada bulan November ataupun Desember.
  3. 2) Pantai Ogis
    sumber : pekanbarugallery.blogspot.com
    Salah satu pantai yang cukup indah dapat Anda kunjungi di Pelalawan adalah Pantai Ogis. Pantai yang berada dekat dengan lokasi Ombak Bono ini menawarkan sebuah keindahan alam yang begitu luar biasa. Lokasinya berada di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawa
    Photo by @supriyono.supri16jan

Tempat ini cocok dijadikan sebagai destinasi sejarah dengan beberapa spot kece berlatar candi.

Lokasi: Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kebupaten Kampar, Riau.

2) Puncak Mahligai Indah
https://nyero.id/tempat-wisata-di-kampar-terbaru Satu lagi destinasi terbaru yang hadir di kebupaten Kampar, yaitu Puncak Mahligai atau di sebut juga Mahligai IndahPuncak Mahligai terletak tidak jauh dari Ulu Kasok, namun memiliki ketinggian lebih rendah dari Ulu Kasok.

3) Puncak Kompo

https://nyero.id/tempat-wisata-di-kampar-terbaru/
2) Air Terjun Aek Martua
https://infoanekawisata.blogspot.com/2017/01/14-objek-wisata-di-rokan-hulu.html
Air Terjun Aek Martua ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri selain berada di kawasa dataran tinggi penggunungan bukit barisan Air Terjun Aek Martua ini juga memiliki beberapa tingkat, sehingga sering pula disebut Air Terjun Tangga Seribu.
2) Benteng 7 Lapis
https://infoanekawisata.blogspot.com/2017/01/14-objek-wisata-di-rokan-hulu.html
Benteng tujuh lapis merupakan sebuah peninggalan sejarah di Indonesia lokasi ini tepatnya berada tepatnya di desa Dalu-dalu, Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu Riau sekitar 23 km dari makam Raja-Raja Rambah.

3) Taman Nasional Bukit Suligi
Bagi kita yang berkunjung ke Taman Nasional Danau Bukit Suligi, kita dapat melihat berbagai jenis flora dan fauna yang di lindungi pemerintah. Selain melihat flora dan fauna kita juga bisa melihat indahnya danau yang terdapat di area Taman Nasional ini.

  1. Rokan Hilir
    1) Pulau Jemur
    Pulau Jemur adalah bagian dari sekian banyak wisata Rokan Hilir (Rohil). Kawasan Pulau Jemur merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau, yakni Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuha Bilik serta pulau-pulau kecil lainnya. Pulau-pulau yang terdapat di Pulau Jemur ini berbentuk lingkaran sehingga bagian tengahnya merupakan laut yang tenang
  2. 2) Batu Belah,
  3. Terletak di desa Bantayan. Bentuknya sebongkah batu besar, yang tengahnya terbelah. Bentuknya mirip kerangraksasa yang sudah menjadi fosil. Dalam buku lintasan Sejarah Rokan, disebutkan bahwa Batu Belah Batu Bertangkup ini padamulanya merupakan binatang yang hidup, sejenis kerang. Kemudian oleh orang Portugis, kedalam mulut kerang tersebut dicurahkan air kapur yang cukupbanyak.
    3) Pulau Arwah
    Kategori: Tempat Wisata | Area: Riau
  4. Propinsi Riau yang terletak di Pulau Sumatera dan mempunyai batas Selat Malaka bersebelahan dengan negara tetangga Malaysia memiliki keindahan pantai yang sangat elok. Diantara luas nya Selat malaka terdapat sebuah kepulauan kecil yang sangat eksotis. Kepulauan Arwah yang mungkin kalau kita mencari di peta Indonesia kepulauan ini sangat kecil.
  5. Bengkalis 1) Pantai Ternggayun
    Lokasi: Tenggayun, Bukit Batu, Bengkalis
    2) Pantai Selat Baru
    Lokasi: Selat Baru, Bantan, Bengkalis
    3) Teluk Rhu Rupat
    Lokasi: Teluk Rhu, kecamatan Rupat Utara, kabupaten Bengkalis, provinsi Riau
    1. Dumai
      1) Pantai Teluk Makmur
      Photo by @yanistew
      Lokasi: Tlk. Makmur, Medang Kampai, Kota Dumai, Riau
      2) Wisata Hutan Dumai
      Photo by @doni_ss366
      Lokasi: Bukit Timah, Dumai Bar., Kota Dumai, Riau
      3) Wisata Mangrove Dumai
      Photo by @windatrimarentaa
      Lokasi: Kota Dumai
  6. Kota Pekanbaru
    1) Riau Fantasi
    Image credit: @labersa_riaufantasi
    Wisata Riau Fantasi merupakan gabungan dari Labersa Theme Park dan Labersa Water Park. Labersa Water Park sendiri merupakan taman bermain air terbesar di Sumatera. Terdapat lima kolam dengan tema dan kedalaman yang berbeda. Kamu bisa memacu adrenalin dengan menuruni papan luncur atau sekedar malas-malasan mengapung di atas kolam
    2) Rainbows Hills Rumbai
    Image credit: @andrikilua
    Sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Pekanbaru terdapat sebuah tempat wisata baru yang sedang hits dan keren abis. Namanya Rainbow Hills atau Bukit Pelangi. Tempat ini pertama kali diperkenalkan oleh blogger terkenal Marischka Prudence.

Festival TertuaFestival Pacu Jalur 2019 Bidik 2 Rekor MURI
Salah satu festival tertua di Indonesia,Festival Pacu Jalur di Kuantan Singingi (Kuansing), Riau,)Berbagai atraksi budaya Melayu khas Kuansing disajikan. Salah satunya Tari Sombah Carano.
Sombah Carano adalah tarian untuk menyambut tamu. Tarian ini menampilkan sejumlah penari pria membawa pedang dan perisai. Mereka bergerak layaknya menjaga suasana. “Festival Pacu Jalur selalu dinanti karena keunikannya.
Selain nuansa sport tourism, event tersebut kaya dengan beragam warna budaya. Kombinasi ini menjadikan Festival Pacu Jalurselalu ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi, sekarang ada pemecahan rekor Muri. Agenda bersejarah tersebut menaikan value festival,” terang Ketua Tim Pelaksana CoE Kemenpar Esthy Reko Astuty. Lomba pacu jalur sangat menarik. Saru buah Jalur berisi sekitar 50-60 orang.
Tergantung kepada panjang perahu. Dalam setiap Jalur, ada beberapa peran dan fungsi yang dijalankan. Anggota Jalur atau Anak Pacu terdiri Tukang Kayu, Tukang Concang (komandan tim), dan Tukang Pinggang (juru mudi). Ada juga Tukang Onjai (pemberi irama dengan alat musik) dan Tukang Tari (pemberi keseimbangan).

3)Bukit Kapur Air hitam

Image credit: @riskafaridatul
Bukit kapur selalu jadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah bukit kapur di area Air Hitam, Pekanbaru. Bukit kapur ini kini marak dikunjungi wisatawan, dan bahkan jadi tempat favorit untuk pengambilan foto pre-wedding. Bentuknya yang megah dengan warna putih bersih membuat berfoto di sini tampak seperti sedang di berada di luar negeri.
4)Taman Alam Mayang
Image credit: @werlinpratiwi
Nah, taman rekreasi yang satu ini bisa jadi merupakan tempat favorit warga Pekanbaru untuk berlibur. Dengan mengusung konsep rekreasi di alam terbuka, Taman Rekreasi Alam Mayang menyediakan aneka kegiatan luar ruangan yang asyik.

Festival Pacu Jalur 2019 akan 21-25 Agustus 2019 di Tepian Narosa Telukkuantan, Kuansing, Riau

“Kuansing merupakan destinasi menarik, apalagi ada Festival Pacu Jalur. Selain budayanya, alam di sana sangat eksotis. Kombinasi tersebut tentu menjadi experience luar biasa. Kami merekomendasikan event ini sebagai destinasi berlibur menarik. Wisatawan bisa membawa serta seluruh anggota keluarganya,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Wassalam Buat Pembaca
Pengarang ;
Dinda Permata Bunda