Lima Resto Bersejarah Di Ibu Kota

Resto Wisata

KORANBOGOR.com,JAKARTA -Terdapat cukup banyak bangunan bersejarah di Jakarta yang sudah berusia ratusan tahun. Di antara bangunan-bangunan tersebut terdapat beberapa restoran bersejarah.

Berikut restoran tempo doeloe di Jakarta yang bisa dikunjungi akhir pekan ini:

1. Kedai Tjikini

Restoran ini berada dideretan bangunan tua di Cikini. Dari luar, kaca depan yang besar bertuliskan nama kedai memperkental suasan jadul restoran. Ketika masuk kedalam, interior yang digunakan pun sebagian besar merupakan kayu dengan desain vintage dan beratap tinggi.

Selain makanan ala rumahan dan kopi, Kedai Tjikini juga menyajikan teh jadul yang mulai sulit didapatkan.

2. Cafe Batavia, Kota Tua

Cafe ini terletak di bilangan Kota Tua Jakarta bersebelahan dengan Museum Fatahillah. Bangunan ini didirikan tahun 1805-1850 dan merupakan bangunan tertua kedua yang berada di kawasan Kota Tua.

Dahulunya, bangunan ini sempat digunakan sebagai kantor, hingga gudang. Interior bangunan ini masih menggunakan kayu jati yang dipadu dengan batu alam berbentuk persegi. Menu terlaris dan favorit di sini adalah Sop Buntut.

  1. Tugu Kunstkring Paleis
    Kunstkring Paleis yang berada di Menteng juga ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Bangunan yang berdiri sejak tahun 1914 ini pernah menjadi kantor imigrasi. Kemudian berubah fungsi menjadi galeri seni, bar hingga restoran Perancis.

Soal makanan, spesialis Kuntskring adalah makanan peranakan dan makanan rumahan.

  1. Restoran bersejarah Bunga Rampai

Restoran yang berada di Menteng ini memiliki nuansa khas Kolonial Belanda. Bangunan yang digunakan awalnya dibangun tahun 1900-an dan konon bangunan ini sebelumnya dijadikan rumah untuk tempat pertemuan para tokoh dan pahlawan nasional era revolusi.

  1. Ragusa Es Italia

Restoran bersejarah berikutnya adalah toko es krim yang berada di Gambir, tepatnya di jalan Veteran bersebelahan dengan Masjid Istiqlal. Ragusa merupakan toko es krim yang sudah beroperasi sejak tahun 1932.

Interiornya sederhana namun bernuansa zaman dulu. Menu yang dihadirkan pun sangat khas, yaitu es krim jadul tanpa pengawet. Es krim spagetti merupakan menu favorit di tempat ini. .(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.