Situs Terbengkalai Milik Sultan Agung,Warungboto

Wisata

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Liburan akhir semester sebentar lagi tiba, liburan selalu diisi dengan kegiatan jalan – jalan ketempat wisata yang menarik dan instagramable bagi para milenial.

Nah salah satu tempat wisata yang cocok dan masih jarang orang yang tahu yaitu situs Warungboto atau Pesanggrahan Rejawinangun.

Situs Warungboto merupakan salah satu tempat pesanggrahan atau tempat peristirahatan dan pemandian raja kerajaan Mataram di Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Yang dahulu pernah dipakai namun sekarang tidak dipakai  lagi sejak Indonesia Merdeka. Hal ini mungkin dikarenakan jauh dari pusat Keraton Yogyakarta. 

Situs Warungboto terletak di  Jalan Veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Situs Warungboto merupakan petilasan yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono 1.

Setelah perenovasian selesai pada tahun 2016 lalu, dengan sebelumnya situs Warungboto hanyalah puing – puing bangunan yang tidak terawat. Namun setelah pemerintah melakukan renovasi, kini situs Warungboto dibuka menjadi tempat wisata.

Pesanggrahan Warungboto mulai terkenal lagi sejak menjadi foto Preweddingnya putri Presiden Joko Widodo,Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution. Sejak diketahuinya bahwa pemotretan tersebut di Warungboto, banyak para milenial yang datang berkunjung untuk sekedar foto – foto. 

Beberapa pesanggrahan yang didirikan oleh pemerintah Sri Sultan Hamengkubuwono 1 yaitu Pesanggrahan Tamansari, Pesanggrahan Rejawinangun atau Warungboto, Pesanggrahan Ambarketawang, Pesanggrahan Krapyak. 

Untuk biaya masuk Situs Warungboto masih sangat terjangkau yaitu hanya membayar biaya parkir Rp.2000 untuk per sepeda motor dan mobil Rp.5000. Dan untuk biaya masuk masih belum dipungut biaya.

Jika ingin berkunjung ke situs warungboto, rute sangat mudah dicari, biaya masuk tidak ada, dan dapat berselfi ria karena pengunjung masih jarang. 

(Red/Penulis: Maryam Nurjannah dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )