Taman Sari Yogyakarta

Wisata

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Tempat wisata Taman Sari yang tepatnya ada di Kota Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana peninggalan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat,yang hampirsama dengan Kebun Raya Bogor yang di ketahui banyak orang sebagai Kebun Istana Bogor. Kebun ini dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765/9. 

Taman sari memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian,jembatan gantung ,kanal air, dan danau buatan yang memiliki pulau buatan dan lorong bawah tanah.

Kebun yang di gunakan secara efektif  pada tahun 17565 – 1812 pada dulunya membentang dari barat daya yang meliputi kompleks kedhaton sampai tenggara komplek Maggangan.

Namun pada saat ini sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat di kunjungi adalah yangadadi bagian barat daya kompleks kedhaton saja.

Taman sari dibangun dibekas keratin lama,pesrangrahaan Garjitawati yang didirikan oleh Susuhan Paku Buwono II sebagai istirahatkereta kuda yang akan pergi ke Imogiri.

Sebagai pimpinan proyek pembangunan Taman Sari ditunjuklah Tumenggung Mangundipuro.Seluruh biaya pembangunan ditanggung oleh Bupati Madiun, Tumenggung Prawirosentiko .

Kompleks Taman Sari setidaknya dibagi menjadiempat bagian.Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak disebelah barat.Bagian selanjutnya adalah bangunan yang berada disebelah selatan danau buatan Antara lain Pembandian Umbul Binangun. 

Bagian ketiga adalah pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua.Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas kearah timurbagian pertama dan kedua dan meluas kea rah timursampai tenggara Kompleks Mangunan.

Tempat wisata diyogyakarta bukan hanya Taman Sari tetapi masih banyak lagi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika liburan tiba.

(Red/Penulis:Deny Palupi Dwi Susanti dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Prodi PGSD )