Tempat Wisata Di Jogja Terpopuler Dan Instagramable

Wisata

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Daerah Jogja istimewa adalah kota pelajar yang selalu menjadi tujuan wisata para pengunjung, baik pengunjung lokal maupun mancanegara.

Menghitung objek wisata di Jogja tentunya tak ada habisnya, pasalnya kota ini mempunyai banyak sekali keindahan yang bernilai wisata.

Pariwisata di Jogja setiap tahunnya selalu meningkat. Daerah Istimewa Yogyakarta terbagi menjadi 5 kabupaten yang setiap kabupatennya mempunyai ciri khas wisata masing-masing. Yuk, kita simak deretan wisata Jogja yang terpopuler dan instagamable di bawah ini.

  1. Tebing Breksi 

Kawasan wisata Tebing Breksi berada di Desa Sambirejo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata ini awalnya tempat penambangan batu alam untuk material bangunan. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan perbukitan batuan breksi yang bercorak indah sehingga menjadi daya tarik wisatawan. Ada banyak spot foto yang keren salah satunya ada bentuk naga yang menempel di salah satu sisi tebing.

  1. The World Landmarks Merapi Park

Tempat wisata ini merupakan salah satu empat wisata yang terletak di Jl. Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Merapi Park dibuka sejak 2017 dan terdapat banyak spot foto menarik seperti Menara Pisa, Big Ben London, Kincir angin Belanda, dan masih ada lainnya. Apabila ingin berkunjung ke tempat ini pada siang hari disarankan untuk membawa payung atau topi karena jika di siang hari cuaca cukup panas.

  1. Taman Sari 

Taman sari adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Yogyakarta. Salah satu situs yang paling tepat untuk menikmati arsitektur ini. Ada tiga kolam pemandian di Taman Sari, yaitu umbul panguras, umbul Pamuncar, dan umbul kawitan.

Untuk berkunjung ke Taman Sari juga tidak sulit, karea dari lokasi Taman Sari tidak jauh dari Keraton Jogja dan juga dekat dengan alun-alun selatan jogja. Meski tidak seindah dan semegah pada waktu dulu yang masih difungsikan, namun daya pesona yang dipancarkan dapat dinikmati dan mempunyai sisi arstistik keunikan bangunannya.

  1. Lemah Rubuh Bantul

Objek wisata baru yang terletak di Siluk, Dukuh 2, Lemah Rubuh, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul ini mendadak viral tahun ini. Wisata ini mempunyai panorama tebing cantik yang dipadu dengan lekukan sungai Oya dan juga spot foto unik. Tempat ini dekat dengan sungai Oya yang bisa kita nikmati air jernihnya untuk bermain bersama keluarga atau teman.

  1. Pantai Ngrawe

Pantai Ngrawe adalah pantai yang instagramable bagi pengunjung yang penikmat foto. Pantai ini berada d Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Wisata ini merupakan wisata pantai terbaru yang ada di Gunung Kidul yang mengusung konsep taman dengan dihiasi pepohonan palm dengan fasilitas modern. Untuk anak muda, wajib deh datang ke wisata ini!

  1. Hutan Pinus Pengger
C:\Users\marsudi\Pictures\IMG_0419_3514.jpg

Hutan Pinus Pengger merupakan wisata jogja yang berada di Dlingo, Bantul. Biasanya pengunjung datang pada malam hari untuk menikmati keindahan kota Jogja di malam hari. Wisata ini sebenarnya sudah lama karena pembukaannya bersamaan dengan Pinus Mangunan. Terdapat banyak spot foto yang unik dan menarik salah satunya tangan raksasa yang dibuat dari ranting-ranting pohon.

  1. Alamanda Jogja Flower Garden

Wisata yang bernama Alamanda Jogja Flower Garden ini menghadirkan obyek wisata yang baru dan instagramable sekali. Lokasi wisata ini terletak di Jalan Tempel-Turi, Ngentak, Bangun Kerto, Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Di tempat ini disediakan beragam bunga warna-warni, spot balon udara, frame love, rumah hobbit dan masih banyak lagi. Lebih seru lagi apabila mengajak keluarga untuk berliburan ke tempat ini.

  1. Kalibiru

Wisata Kalibiru merupakan salah satu wisata yang berada di Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Wisata ini setiap kali liburan dipastikan rmai oleh pengunjung karena sangat diminati oleh para pengunjung baik keluarga maupun anak muda. Di atas puncaknya kita bisa menikmati pemandangan yang indah, seperti deretan Perbukitan Menoreh yang subur dan hijau. 

  1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk pasir terletak di Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul. Wisata ini adalah suatu gundukan pasir yang letaknya dekat dengan pantai. Salah satu aktivitas kekinian yang dilakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo ini adalah bermain sand boarding atau meluncur di gundukan pasir menggunakan papan. Seru bukan? Selain itu bisa untuk foto pre-wedding karena memiliki keunikan tersendiri.

Di atas merupakan beberapa wisata yang terpopuler dan instagramable yang  ada di Jogja. Masih banyak lagi wisata yang dimiliki Kota Jogja, karena Jogja adalah kota yang mempunyai banyak keindahan wisata tersendiri. Siap untuk berlibur di Jogja?

(Red/penulis: Yulita Ayu Pridamayanti (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)