Sejumlah Menteri Akan Hadiri Jumeneng Dalem Paku Alam X

85f16d1f-9b41-41d1-a3aa-c454e8f5c0af (1)KORANBOGOR.com, YOGYAKARTA – Sejumlah menteri sudah mengkonfirmasi kehadirannya dalam acara jumeneng dalem Paku Alam X yang dilaksanakan Kamis, 7 Januari 2016 mendatang. Mereka adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim dan Menteri Pendidikan Anies Rasyid Baswedan. Lukman Hakim merupakan teman SMP dari KBPH Prabu Suryodilogo yang akan dinobatkan menjadi KGPAA Paku Alam X.

Undangan untuk Presiden Joko Widodo, sebagaimana dikatakan Widihasto, salah seorang panitia, juga sudah diserahkan. “Namun hingga saat ini belum ada informasi terkait kehadirannya,” terang Widihasto, hari ini.

Raja Kasultanan Ngayogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta GKR Hemas dipastikan juga hadir dalam acara yang dihadiri 1.500 orang tamu undangan ini. Sedangkan dari Kadipaten Mangkunegaran Surakarta akan hadir KGPAA Mangkunegoro IX.

Sementara itu, dari Cirebon akan hadir empat orang raja: Kanjeng Sinuhun Sultan Sepuh Arief Natadiningrat XIV beserta Pangeran Raja Lukman, Kanjeng Sinuhun Sultan Kanoman Emirudin XII, Sultan Kacirebonan Abdul Gani IX dan Pangeran Raja Keprabon Hempy IX. Dari Bali akan hadir Raja Puri Karangasem, yaitu Anak Agung Gede Putra Agung.

Kepanitiaan kirab jumeneng dalem PA X merelease kabar keikutsertaan marching band taruna Akademi Angkatan Udara  (AAU) Yogyakarta. Penampilan MB AAU yang diikuti 60 orang pasukan pengibar bendera Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengawali rangkaian kirab ageng. Sementara, rangkaian akhir kirab ageng ditutup oleh Marching Band Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta. Keikutsertaan MB UPN adalah sebagai ungkapan mangayubagyo lantaran KBPH Prabu Suryodilogo dan istri BRAy. Atika Suryodilogo alumni UPN Yogyakarta. (affan)

Share this Post :