Lebaran 2017 PT TWC Siapkan Wahana Wisata Baru

gmmmshot_76KORANBOGOR.COM,YOGYAKARTA-Dalam rangka menyambut masa ramai libur Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah, PT Taman Wisata Candi (PT TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) telah melakukan berbagai persiapan.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa pariwisata, PT TWC akan memberikan pelayanan prima kepada wisatawan yang berkunjung pada 22 Juni 2017 sampai 2 Juli 2017.

“Terutama pada peak season seperti pada masa ramai libur lebaran ini,” terang Ricky Siahaan, Direktur Pemasaran dan Pelayanan, Jum’at (16/6) sore di Kantor Pusat PT TWC Prambanan.

Menurut Ricky, untuk meningkatkan pelayanan bagi wisatawan, PT TWC menyiapkan beragam wahana wisata baru di Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, Unit Teater Pentas dan Transportasi dan Hotel Manohara.

Untuk Candi Borobudur, seperti dijelaskan Chrisnamurti Adiningrum, GM Unit Candi Borobudur, telah disiapkan berbagai wahana wisata baru dalam bentuk atraksi seni dan budaya seperti pasukan bergodo, punokawan dan juga spot foto payung teduh berlatar belakang Candi Borobudur.

Taman Wisata Candi Borobudur menargetkan jumlah wisatawan selama lebaran tahun 2017 ini sebanyak 316.792 orang, yang naik 8 persen dari tahun 2016 lalu.

Didukung Departemen Marketing PT TWC, Candi Borobudur tampilkan ragam wahana wisata menarik lainnya seperti kereta taman, andong wisata, kuda tunggang, sepeda wisata, paket wisata desa dengan VW, dapur foto tempo dulu dan jemparingan.

“Semua kegiatan itu kami melibatkan warga masyarakat Borobudur untuk berekreasi menampilkan hasil karya kreativitas mereka,” kata Chrisnamurti Adiningrum yang menambahkan nantinya wisatawan memiliki wawasan baru bahwa Borobudur tidak hanya memiliki candi saja, namun juga memiliki potensi wisata lain yang dikelola masyarakat Borobudur itu sendiri.

Ditambahkan Ricky Siahaan, ini merupakan salah satu wujud kepedulian PT TWC dalam membantu mempromosikan beragam potensi desa sekitar Borobudur, di antaranya kesenian cokekan, sendratari Karmawibhangga, keroncong, wayang kulit, kesenian dan pameran UMKM potensi desa di Kecamatan Borobudur.

Sementara itu, Hotel Manohara– yang masih berada satu komplek dengan Candi Borobudur– jumlah wisatawan ditargetkan sebanyak 2.679 orang. “Terjadi kenaikan sepuluh persen dari tahun lalu,” terang Esti Wahyujati, GM Manohara Hotel, yang menambahkan pada 27 Juni 2017 sampai 2 Juli 2017 menyiapkan paket syawalan, pentas tari dan sebagainya.

Di sisi lain, Taman Wisata Candi Prambanan juga menyiapkan ragam wahana wisata lainnya: musik anak, akustik, jathilan, prajurit, kampung dolanan, batik kayu, keroncong, cokekan, badut anoman dan workshop batik.

Seperti disampaikan Ripto Pranowo, Kadiv Layanan Unit Candi Prambanan, selama lebaran 2017 pihaknya menargetkan jumlah wisatawan sebanyak 196.250 orang. “Terjadi kenaikan sepuluh persen di atas realisasi tahun lalu,” terang Ripto Pranowo.

Sedangkan di Kraton Ratu Boko pada lebaran 2017 ini menargetkan jumlah wisatawan sebanyak 31.938 orang, naik 10 persen pada tahun 2016. Dijelaskan Haryadi Tirtodigiri, Kadiv Layanan Unit Ratu Boko, menyemarakkan lebaran kali ini akan ada pertunjukan campursari, srandul, gejog lesung, cokekan, keroncong dan sebagainya.

Pada tanggal 26-30 Juni 2017, Unit Teater Pentas dan Transportasi– yang mengelola sendratari Ramayana Ballet– akan mengemas extra show dengan ragam tarian Rampak Wanara, Kidang, Kukilo, Lutung dan Prawiroguno. “Para penari, khususnya nawung krida beksa adalah penari binaan unit teater pentas dan transportasi,” papar Des Wibowo.

Menurut Des Wibowo, GM Unit Teater Pentas dan Transportasi, pihaknya dalam liburan lebaran ini akan menargetkan 4.275 orang yang akan menyaksikan sendratari.

Dikatakan Ricky Siahaan, Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT TWC, seluruh sajian atraksi tambahan di Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, Unit Teater Pentas dan Transportasi yang mengelola sendratari Ramayana ballet dan Hotel Manohara, secara khusus untuk menghibur pengunjung. “Hal itu sebagai bentuk pelayanan kami terhadap wisatawan,” pungkas Ricky Siahaan.

Sementara itu, ditambahkan Achmad Muchlis, Corporate Secretary, yang didampingi Dewi (Humas), persiapan lain yang dilakukan masing-masing unit adalah peningkagan sarana prasarana dan fasilitas bagi wisatawan. (Affan)

Share this Post :