Bank Mandiri : Penukaran Uang Maksimal Rp 1,7 Juta

tukar uang shot_76KORANBOGOR.com,SEMARANG-Mengantisipasi melonjaknya permintaan penukaran uang di Jateng dan DIY, Bank Mandiri telah menyiapkan dana sebanyak Rp 34 miliar. Uang sejumlah tersebut tersedia dalam pecahan emisi baru Rp 10.000, Rp 5.000, dan Rp 2.000.

”Ada beberapa titik tempat penukaran uang yang kami sediakan dan mudah di jangkau masyarakat. Untuk Semarang antara lain di Pasar Bulu, Masjid Baiturrahman Simpanglima dan untuk kota-kota di Jateng dan DIY juga di pusat-pusat keramaian,” Kata Regional CEO Bank Mandiri Jawa Tengah & DI Yogyakarta Maqin U Norhadi di temui usai pencanangan Mandiri Cinta Rupiah di Pasar Bulu, Semarang, (16/6).

Menurut pria ramah ini, penukaran setiap satu orang dibatasi maksimal Rp 1,7 juta. Sementara itu, dalam program ”Mandiri Cinta Rupiah” ini, pihaknya telah menyiapkan 71 unit Mandiri Mobile dan 16 unit Mobil Mitra Usaha dengan jumlah 200 titik lokasi di dua provinsi ini.

”Kegiatan ini hanya berlangsung dua hari yakni Jumat (16/6) dan Sabtu (17/6). Kami perkirakan dana yang kami sediakan akan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang pecahan baru yang biasanya diperlukan saat Idul Fitri. Sebab, masyarakat juga bisa menukarkan di kantor cabang reguler,” Katanya menambahkan.

Maqin  U Norhadi menambahkan, “secara total Bank Mandiri menyiapkan uang kartal senilai total Rp 23,5 triliun atau Rp 1,1 triliun/hari untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai pada Bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini “. Dana tunai tersebut meningkat sekitar 10% dari nilai yang disiapkan secara harian pada kondisi normal.

Dari nilai tersebut, pihaknya mengalokasikan rata-rata Rp 1 triliun per hari untuk memenuhi kebutuhan uang tunai di mesin-mesin ATM Mandiri, naik dari Rp 900 miliar pada periode normal.

Sementara itu, saat warga antre untuk layanan penukaran uang baru, petugas Bank Mandiri bekerja sama dengan Bank Indonesia melakukan edukasi mengenai uang Rupiah emisi baru. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dapat memperoleh informasi tentang fitur keamanan, pengenalan variasi, dan praktik pendeteksian manual keaslian uang Rupiah emisi baru. (Red)

Share this Post :